Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Mobil usia 5 tahun keatas Wajib Ganti Komponen ini

Perawatan mobil dengan usia 5 tahun keatas adalah suatu hal yang wajib diperhatikan oleh semua pemilik kendaraan. Hal ini dianggap penting, karena beberapa komponen mengalami penggantian mengingat usia dan kinerjanya sudah cukup lama apalagi usia mobil 5 tahun, 10 tahun bahkan lebih.

Perawatan berbagai komponen mobil pada hakikatnya bukan sekadar urusan kaki - kaki, ganti oli, filter oli atau cek radiator semata. Karena itu bagian dari perawatan rutin.

Nah sedangkan kalau kita beli mobil yang usia sudah 5 tahun ke atas mesti mengganti beberapa komponen penting agar kinerja mesin tidak terkendala.

Ilustra perawatan mobil (liputan6)
Mobil usia 5 tahun keatas adalah masa pemakaian maksimal khususnya pada bagian sparepart vital.

Bayangkan jika ini tidak diperhatikan tentu kurang nyaman saat kita mengendarai nya. Berikut perawatan komponen mobil usia 5 tahun yang harus anda ketahui
  • Cek Soal Kopling
Pada pengguna mobil bertransmisi manual. Hal yang harus diperhatikan adalah memeriksa kondisi kopling, tali kipas, timing belt, hingga komponen pada kaki-kaki mobil.

Sementara itu, untuk pengguna mobil dengan transmisi matik atau otomatis, hal yang paling diutamakan adalah memperhatikan oli pada transmisi nya.

Ini dianggap penting karena, jika pengguna kendaraan matik tidak memperhatikan masalah ini, maka akan berpengaruh kepada perpindahan transmisi matik yang tidak lembut, bahkan terasa sangat kasar.

  • Cek Cairan di Berbagai Sektor
Melakukan pemeriksaan cairan atau minyak pelumas secara rutin, di antaranya adalah minyak power steering, minyak rem dan cairan transmisi.

Periksa juga kondisi cairan radiator, lakukan penggantian cairan radiator sesuai dengan rekomendasi bengkel resmi atau pabrikan dan gunakan radiator coolant untuk mencegah korosi pada komponen radiator ketika dilakukan penggantian.