Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Ciri Mesin motor Pernah Dibongkar atau turun mesin

Mengetahui ciri mesin motor pernah dibongkar itu mudah, asal kita bisa teliti dengan mengetahui ciri-ciri nya.

Biasanya ketika membeli motor bekas tentu harus dipastikan apakah benar mesin belum dibongkar atau turun mesin? Sebelum motor terlanjur transaksi (Dibeli) perhatikan dulu ya gaess..

Mesin motor pernah dibongkar tentu harga jual lebih miring namun sebagian orang sering melakukan penipuan dengan mengatakan bahwa "Mesin masih gress" "Mesin belum pernah bongkar" dan lain sebagainya. Namanya penjual pasti menginginkan harga yang tinggi.

3 Ciri Mesin motor Pernah Bi bongkar
Bagi anda yang akan membeli motor bekas, sebaiknya perhatikan ciri-ciri mesin motor pernah dibongkar, walaupun anda tidak terlalu faham dunia mesin, anda bisa mengetahui dengan memperhatikan 4 ciri mesin motor yang pernah dibongkar.

Karena saat ini penjualan motor bekas sebagian besar dilakukan secara online, kita tidak tahu watak orang yang menjual, apakah memang suka menipu, menjual motor bekas yang sudah di otak atik atik mesin banyak yang ditukar, yang asli jadi KW. suku cadang yang asli dijual lagi (dipreteli). Berikut ciri-ciri mesin motor yang pernah dibongkar

1. Kondisi Baut Mesin

Perhatikan pada baut mesin, jika terdapat bekas kunci atau noda menempel itu ciri utama bahwa mesin motor pernah dibongkar.

Mesin motor yang belum pernah dibongkar pasti kondisi baut nya bagus dan mulus, tidak ada bekas sedikit pun. Itulah ciri utama mesin motor pernah bongkar. Meski penjual mengelabui tetap bisa diketahui dengan cara kedua berikut.

2. Suara Mesin

Ciri kedua mesin motor pernah bongkar adalah suara mesin halus tidak kasar. Anda bisa tes langsung dengan tarikan gas yang tinggi, perhatikan suara mesin, jika tidak ada bunyi brebet atau tersendat saat motor digebar berarti mesin motor masih bagus alias belum pernah bongkar.

Karena kondisi motor bekas yang masih baru dan belum pernah bermasalah dengan mesin, bunyinya masih halus. Jika tahap ini masih oke, lanjut ke tahap tiga.

3. Tes Kendarai Langsung

Jika benar mesin motor belum pernah bongkar, silahkan jajal mengendarai langsung perhatikan tarikan mesin, apakah nyaman atau ada kendala. 

Jika urusan nya bukan mesin berarti tidak masalah, misal saat dijajal stelan gas kurang pas, atau bagian pengereman kurang bagus. Jika mesin terasa berat berarti ada yang perlu di ganti.

Selebihnya tanyakan langsung apa kendala mesin yang akan diganti, meskipun mesin motor belum pernah dibongkar. Biasanya jika ada kendala pada mesin sudah diketahui tentu harga jual bisa lebih nego lagi.

Seperti itulah dinamika permotoran saat ini. Yang jelas tiga ciri utama tersebut sangat jitu untuk mengetahui mesin motor sudah pernah dibongkar atau belum.