Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Uraian 12 Tugas Supir Rumah SakiT / driver AMBULANCE

Seringkali kita melihat mobil rumah sakit atau ambulance lewat dijalan dengan kondisi ngebut karena membawa korban atau orang sakit?

Mungkin kita harus tahu apa saja uraian tugas sopir rumah sakit / driver ambulance? yang pasti tugas berat sopir rumah sakit adalah saat membawa penumpang yang sakit antar kota dengan terburu - buru.

Orang banyak melirik pekerjaan sebagai sopir rumah sakit / driver ambulance tetapi hal itu tidak mudah karena ada aturan khusus yang harus dipenuhi untuk menjadi driver kendaraan rumah sakit. Berikut uraian tugas sopir rumah sakit sesuai SOP 
Tugas driver ambulance / sopir rumah sakit (Ilustra foto detik.com)

Tugas Pokok Supir Rumah Sakit / Ambulance
  1. Sopir ambulance wajib hadir minimal 15 menit sebelum jam pergantian.
  2. Tepat waktu saat operan shift dan wajib melihat schedul pelayanan hari ini
  3. Sopir ambulance harus mengecek limit kartu e Toll pada hari itu bila kurang lakukan pengisian ulang.
  4. Sopir wajib mencuci dan membersihkan mobil ambulance apabila dipandang perlu.
  5. Sopir ambulance apabila membawa pasien ke dalam atau keluar kota dilarang mengganggu temannya saat sedang dalam keadaan dinas
  6. Sopir ambulance wajib lapor kepada dokter jaga apabila melaksanakan dinas keluar kota memakai ambulance dan wajib mengecek semua ruangan.
  7. Sopir ambulance wajib tanggap terhadap peminjaman ambulance yang melalui telepon (karena sifat pelayanan ambulance bukan taxi).
  8. Setiap sopir ambulance wajib bersikap ramah kepada setiap pasien atau kepada setiap pengguna jasa ambulance karena rumah sakit sifatnya pelayanan sosial dan milik umat.
  9. Pasien dari kamar / ruangan inap ke kamar mayat hingga sampai ambulance agar diberi tutup kain.
  10. Setiap sopir ambulance yang mengeluarkan uang untuk keperluan perawatan ambulance / beli BBM diharuskan menulis laporan (Struk pengeluaran)
  11. Sopir ambulance wajib mengontrol keadaan ambulance secara rutin seperti oli, air accu, radiator dan O2 (oksigen ), air minum mineral yang ada di mobil serta mengadakan perawatan mesin dan kelengkapan lainnya
  12. Setiap sopir ambulance tunduk kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Itulah ulasan singkat tentang tugas dan tanggung jawab sopir / driver ambulans rumah sakit. Bagi anda yang berminat bisa mendaftarkan diri ke instansi terkait dan ajukan lamaran anda.