Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sirion

Salah satu produk Daihatsu yang memiliki pasar luas di Indonesia adalah Daihatsu Sirion. Mobil jenis sedan yang tetap eksis ini pertama kali dipasarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor, pada bulan April 2007.

Daihatsu Sirion sendiri merupakan city car atau hatchback yang hanya dijual dalam satu varian saja. Harganya berkisar Rp 200 jutaan, mobil hatchback satu ini sebenarnya belum lama mengalami penyegaran ringan beberapa bulan lalu.

Ada penambahan aerokit di depan dan di samping, juga terdapat side stone guard baru dan menjadikan eksterior New Sirion lebih fresh. Mobil ini memiliki 4 varian warna, yaitu White, Granite Grey, Blue Metallic, dan Lava Red.

Jika Anda memiliki keinginan untuk membeli mobil ini baik bekas ataupun baru, ada baiknya simak kelebihan dan kekurangan nya terlebih dahulu di bawah ini. 

Kelebihan Mobil Sirion

1. Tampilan Modis

Desain yang modis, dimensi mobil kompak, dan juga mesin irit bahan bakar, membuat Daihatsu Sirion cukup diminati, khususnya oleh kaum millenial yang sedang mencari mobil pertama mereka.

2. Harga Terjangkau

Harga jual dari mobil ini memang bukan yang termurah di segmennya. Namun ini adalah poin keunggulan Daihatsu Sirion yang paling menarik dan diperhitungkan.

Harga Baru mobil Sirion berkisar 200 jutaan, Sedangkan harga second nya lumayan stabil. Jadi kalaupun kita mau jual harga nya tidak terlalu merosot jauh. 

3. Mesin Bertenaga

Mobil Daihatsu Sirion menggunakan mesin berkapasitas bersih 1.329 cc. Menariknya, tenaga yang dihasilkan cukup tinggi di kelas city car. Dapur pacu berteknologi Dual VVT-i itu mampu menghasilkan tenaga 93,7 HP dan torsi 119 Nm. Angka tersebut masih lebih tinggi dari Brio RS yang hanya 88,7 HP dan torsi 110 Nm.

4. Eksterior Menawan

Mobil Sirion mengalami penambahan aerokit dan side stone guard baru. Desain bodi Sirion terbaru mempunyai kesan sporty yang kuat. Dengan adanya garis-garis menyudut yang menggantikan konsep desain lama, cenderung membulat.

Bagian lampu sudah LED dengan pengaturan otomatis dan berdesain modern khas mobil hatchback masa kini. LED headlight dengan fitur Follow Me Home (lampu depan tetap menyala beberapa detik meski mesin telah dimatikan) dan spoiler.

Bukan hanya itu saja, terdapat juga gril bergaya futuristik, di mana alur desainnya mengikuti headlamp. Juga, lampu kabut atau fog lamp yang disematkan di bawah headlamp yang terlihat modern.

Sementara itu, di sisi samping mobil terdapat garis yang memanjang dari sisi depan hingga belakang dan melewati handle door chrome yang terkesan menarik dan mewah.

5. Interior Fresh dan Nyaman

Daihatsu baru saja melengkapinya dengan sistem audio yang lebih besar dan fitur lebih canggih seperti Mirror Link.

Daihatsu juga sudah melengkapi mobilnya ini dengan touch screen berdesain modern yang dapat menampilkan beberapa menu hiburan yang siap memanjakan pengguna mobil ini. Seperti, CD player, radio AM/FM, dan sistem navigasi yang informatif bagi pengemudi.

Pengemudi dan para penumpang bisa mendengarkan lagu kesukaan dengan suara yang membahana dengan fitur 2DIN audio system serta speaker yang sudah terintegrasi dengan sistem menu pada touch screen mobil ini.

6. Fitur Pendukung

Fitur terbaru dari Daihatsu Sirion adalah engine start/stop button dengan keyless entry, kamera mundur, sensor parkir depan dan belakang, sampai pengatur AC digital.

7. Fitur Keselamatan Mobil Sirion

Fitur keselamatan Daihatsu New Sirion sudah jauh lebih lengkap dari pendahulunya. Seperti, pengereman mobil yang sudah dilengkapi dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC).

Bukan hanya itu saja, untuk fitur keamanannya, kabin mobil ini juga dilengkapi beberapa fitur handal. Seperti, fitur ISOFIX, traction control, sabuk pengaman tiga titik, juga fitur airbags berjumlah 4 buah.

Kekurangan Mobil Sirion

Fitur dipangkas

Di negara asalnya, Malaysia, Mobil New Sirion atau terkenal dengan Perodua Myvi yang terdapat fitur keselatamatan canggih seperti pre-collision braking. Fitur keselamatan ini akan memberikan pengereman otomatis saat ada potensi bahaya tabrakan depan. Namun sayangnya, PT Astra Daihatsu Indonesia tidak menyertakan fitur itu untuk mobil Indonesia, mungkin untuk menekan harga jual.

Belum Buatan Indonesia

PT Astra Daihatsu Motor menjual mobil Daihatsu Sirion tidak dengan memproduksinya secara lokal. Mobil Sirion ini, diimpor dari Malaysia dengan penyesuaian fitur untuk pasar Indonesia. Sehingga, angka penjualan Sirion di Indonesia selalu lebih tinggi dibanding negara asalnya, Malaysia. Padahal jika dibuat secara lokal, bukan tidak mungkin harganya bisa lebih murah.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari Mobil Sirion. Anda berhak memilih agar nantinya tidak menyesel ketika sudah membeli. Semoga artikel ini membantu Anda untuk mengambil keputusan.