Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan Aturan Cara Membersihkan Kampas Rem Mobil yang benar

Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda diperlambat, secara otomatis gerak kendaraan menjadi lambat. (wikipedia)

Rem merupakan peranti paling penting dalam suatu kendaraan, salah satunya mobil. Bayangkan saja, jika Anda bepergian dengan kondisi rem yang buruk, perjalanan Anda pasti tidak akan nyaman atau bahkan Anda akan merasa was-was sepanjang jalan.

Bagaimana jika rem tiba-tiba blong lalu mengakibatkan kecelakaan yang tentu saja membahayakan diri Anda sendiri juga orang lain.
Maka dari itu, perawatan rem sangatlah penting untuk dilakukan. Salah satunya yaitu dengan membersihkan kampas rem mobil Anda.

Berikut ini akan kami berikan beberapa cara membersihkan kampas rem mobil Anda dengan benar.

1. Bongkar roda mobil Anda

Untuk membersihkan rem cakram, Anda harus membongkar roda depan terlebih dahulu. Anda perlu mendongkrak kendaraan Anda terlebih dahulu. Bongkar bagian disk brake dengan kalipernya. Jika mobil Anda masih menggunakan tromol rem, buka tutup tromol dengan cara diketok menggunakan palu secara perlahan.

2. Lepas Kampas Rem

Setelah roda mobil Anda terbuka dan komponen rem cakram terlihat jelas, langkah selanjutnya adalah lepas kampas rem dengan cara membuka salah satu baut caliper dibagian bawah memggunakan kunci ring 12/14. Setelah baut terlepas, angkat caliper dari arah bawah.

3. Periksa Keadaan Rem

Periksa ketebalan kampas rem. Biasanya kampas rem cakram memiliki threat yang akan semakin dangkal ketika kampas menipis. Jika threat tersebut dangkal bahkan mendekati rata, maka anda harus mengganti kampas rem tersebut.

Jika ketebalan kampas rem masih baik, cukup lakukan sedikit pengamplasan khususnya dibagian tepi kampas agar tidak terlalu tajam. Tujuan pengamplasan adalah untuk membuat tekstur kampas lebih kasar.

4. Bersihkan Rem Mobil

Bersihkan permukaan kampas rem dan permukaan piringan rem menggunakan cairan khusus. Gunakan cairan brake cleaner dengan cara disemprotkan.

Selain menggunakan brake cleaner, anda juga bisa menggunakan air bertekanan tinggi, namun hati-hati karena hal ini akan menerbangkan debu rem ke udara.

Semprotkan cairan ke permukaan disk brake dan caliper, untuk tromol rem, semprotkan ke permukaan tromol dan tutup tromol. Beri jarak semprotan sekitar 10 cm - 15 cm.

Kemudian lap menggunakan lap bersih dan kering. Pastikan debu dan kotoran menempel pada kain lap. Jika dirasa masih kurang bersih, ulangi lengkah di atas sampai sistem pengereman benar-benar bersih.

Lakukan Tes

Setelah pembersihan dirasa cukup, pasang kembali disk brake dengan caliper, serta tutup tromol. Lalu saat mobil masih dalam keadaan berhenti, coba tes keadaan rem dengan menekan pedal rem berkali-kali. Kemudian lanjutkan dengan tes drive, apakah masih ada gejala rem berdecit atau tidak.

Nah, dengan memahami langkah-langkah cara membersihkan kampas rem mobil di atas, semoga Anda bisa membersihkan kampas rem mobil Anda sendiri tanpa membawanya ke bengkel, ya.

Namun, apabila Anda merasa kurang yakin, tidak ada salahnya untuk membawa mobil Anda ke bengkel.