Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Beli Mobil Bekas? Begini Cara Cek identitas Plat Nopol Dengan Mudah

Di era yang semakin modern seperti sekarang ini tentunya tidak sulit dalam hal mencari sebuah informasi penting. Bahkan, kita dapat melacak keabsahan sebuah kendaraan tanpa harus mendatangi kantor samsat. Termasuk melacak nomor mobil bekas saat kita hendak membelinya.

Pasalnya hal ini penting agar saat membeli mobil bekas tersebut kita tahu seluk-beluk sekaligus perihal spesifikasi mobilnya.

Kemudian guna mengetahui sebuah mobil apalagi mobil bekas yang sudah pernah dipakai pastinya ini bisa mengandung risiko. Dan dari plat nomor mobil, ini sangat berguna untuk mencari informasi mengenai detail dari mobil tersebut.

Dengan itu kita dapat melihat warna kendaraan, tahun pembuatan,nomor mesin dan hal terkait lainnya. Termasuk juga soal pajaknya sudah dibayar atau belum bisa diketahui dengan sangat mudah.

Jadi, kita tidak perlu lagi bingung apabila ingin mengetahui informasi terkait mobil bekas yang hendak kita beli.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan guna mencari informasi secara lengkap perihal mobil dari plat nomor mobilnya. Mulai dari cara mengecek plat nomor mobil melalui SMS, aplikasi dan website. Ketiga cara ini dapat dijadikan sumber untuk mencari informasi bagi yang hendak mengecek informasi kendaraan.
Cara Cek identitas Plat Mobil Bekas Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna memeriksa plat nomor kendaraan mobil dengan mudah seperti berikut ini:

1. Cara Mengecek Plat mobil Melalui SMS

Cara cek plat mobil dengan mudah pertama yaitu dengan menggunakan SMS . Namun sayangnya cara mengecek plat nomor menggunakan SMS ini hanya bisa dilakukan di beberapa kota saja.

Beberapa kota besar di Indonesia yang mengaktifkan layanan ini diantaranya Kota Palembang, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, dan Yogyakarta.

Contoh cara mengirimkan SMS dengan pengecekan plat nomor untuk area Jakarta, kita dapat mengirimkan SMS ke 1717 dengan format Metro (spasi) nomor polisi yang ingin di cek.

2. Cara Cek Plat Nomor Mobil Melalui Aplikasi

Cara kedua untuk cek plat mobil dengan mudah yaitu dengan menggunakan banyak aplikasi. Aplikasi tersebut sebenarnya tidak dikhususkan untuk melakukan pengecekan plat nomor saja.

Namun aplikasi ini juga dapat digunakan untuk keperluan pelayanan pajak kendaraan di beberapa kota saja.

Selain itu aplikasi ini hanya bisa dipakai tidak secara serentak di seluruh kota di Indonesia dan inilah contohnya Jawa Tengah – SAKPOLE e-SAMSAT JATENG, Jawa Timur – E-Smart Samsat Jatim, Jawa Barat – SAMBARA,
Jakarta – Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta, Yogyakarta – Pajak Kendaraan Yogyakarta.

3. Cara Cek Plat Nomor Melalui Website

Untuk cara ketiga cek plat nomor kendaraan dengan mudah yaitu menggunakan website. Kita bisa membuka website resmi yang sudah disediakan oleh pihak Kepolisian dan Pemerintah daerah.

Selain itu cara ini dinilai sangat akurat guna memeriksa kendaran secara lengkap dan tidak memerlukan waktu yang lama. Websitenya sendiri juga tersedia di berbagai wilayah seperti berikut contohnya; Banten: http://dppkd.bantenprov.go.id/, DKI Jakarta: http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/, Jawa Tengah: http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ dan yang lainnya.