Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mobil Kurang Bertenaga? Atasi dengan 4 Cara ini

Mobil yang terus menerus digunakan akan terasa kurang bertenaga pada tahun ketahun, ini bisa membuat kita merasa kesal karena dapat membuat kebutuhan mobilitas kita terganggu. 

Sebenarnya pada kasus ini yang menjadi masalah bukan dari faktor mesin mobilnya tersebut, tetapi pada diri anda sendiri yang tidak memperhatikan kebutuhan mobil untuk dapat servis rutin secara berkala.

Servis rutin secara berkala di setiap bulannya atau pada masa harus adanya pergantian suku cadang yang lama ke baru itu sangat penting dilakukan untuk menjaga performa kendaraan anda tetap stabil dan tidak menjadi kendala.
Hal tersebut sering terjadi pada pengendara Karena kurang memperhatikan kebutuhan mobil tersebut. Padahal sangat mudah untuk kita memahami kebutuhan mobil diluar kebutuhan bahan bakar.

Untuk mengatasi mobil kurang bertenaga adalah dengan membawa langsung ke bengkel resmi atau bengkel umum yang memiliki tenaga mekanik yang professional di bidangnya. 

Daripada anda hanya mengira - ngira kerusakan apa yang terjadi di mobil anda lebih baik diperbaiki oleh tenaga professional. Namun sebelum membawa ke bengkel ada baiknya anda harus tahu cara mengatasi mobil kurang bertenaga dengan tips dibawah ini:

1. Membersihkan filter udara

Cara mengatasi mobil kurang bertenaga yang pertama adalah membersihkan filter udara, memang terdengar sepele namun sangat membantu dalam mengembalikan performa kendaraan

Hal itu karena mobil membutuhkan udara bersih untuk masuk keruang bakar mesin, udara yang bersih dihasilkan dari penyaringan udara melalui filter udara.

2. Menjaga suhu kendaraan

Cara mengatasi mobil kurang bertenaga yang kedua adalah menjaga suhu kendaraan, mobil dengan cc besar dan power yang besar membutuhkan gerak mesin yang cepat, hal ini dapat menyebabkan blok mesin menjadi cepat panas.

Namun tekhnologi di zaman sekarang dapat mendeteksi suhu kendaraan, jika mobil anda mengalami suhu yang terlalu tinggi maka disarankan untuk berhenti sementara dan mendinginkan mesin.

3. Menjaga arus pengapian

Cara mengatasi mobil kurang bertenaga yang ketiga adalah menjaga arus pengapian, hal ini penting agar tidak terjadi kebakaran pada komponen yang terjadi arus pengapian.

Seperti jalur kelistrikan dan pengapian pada busi mesin. Cara mengatasinya selalu cek kondisi busi dan kelistrikan dengan mengecek sekring pada bagian kontak mesin.

4. Kopling dan busi

Cara mengatasi mobil kurang bertenaga yang terakhir adalah kopling dan busi, ketika kendaraan teras berat ketika menginjakkan kopling maka ada baiknya diperbaiki dan jika aliran api pada mesin kurang maka ada baiknya busi diganti agar pengapian lebih baik, jangan sampai piston bergerak tanpa adanya pengapian yang terjadi diruang bakar.

Demikian cara mengatasi mobil kurang bertenaga, semoga bertenaga.