Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Contoh Simulasi Biaya Kredit Mobil di Bank Syariah

Kendaraan mobil sekarang ini menjadi alat transportasi yang sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, banyak orang yang menginginkan untuk membeli kendaraan mobil ini.

Ada berbagai cara guna mendapatkan mobil tanpa harus membelinya secara tunai yakni dengan kredit mobil. Selain itu ada banyak lembaga yang dapat dijadikan pilihan untuk melakukan kredit mobil salah satunya adalah bank syariah.

Sudah tidak dipungkiri lagi kini ada banyak transaksi yang dapat dilakukan atau berbasis syariah, termasuk kredit mobil syariah. Apa itu kredit mobil syariah? Ini adalah cara membeli mobil baru ataupun bekas dengan cara non tunai dan menggunakan cara yang halal atau sesuai dengan syariat ajaran Islam.

Salah satu keuntungan kredit mobil di bank syariah tidak dikenakan bunga pada setiap pembelian dan juga angsurannya. Ini karena konsep pemberian bunga dalam suatu transaksi apapun adalah perbuatan riba dan harus dihindari.

Kemudian keuntungan lain yang bisa didapatkan apabila melakukan kredit mobil di bank syariah tanpa riba ini adalah pembelian tanpa DP. 

Adapun maksud dari kredit mobil syariah tanpa DP ini adalah penyedia jasa akan membelikan kebutuhan pelanggan terlebih dahulu lalu menjual kembali kepada pelanggan dengan keuntungan yang telah disepakati.

Nantinya semua transaksi akan tertulis dalam akad jual beli secara transparan. Untuk lebih jelasnya inilah simulasi biaya kredit mobil di bank syariah.

1. Contoh Biaya atau Simulasi Pengajuan Kredit Mobil di Bank Syariah

Pertama nasabah mengajukan pembiayaan untuk mobil jenis Daihatsu Sigra varian 1.0 M MT dengan harga senilai Rp 129 juta dengan tenor 2 tahun.juta

Kemudian dari pengajuan tersebut, perusahaan akan menawarkan kredit syariah menjadi Rp 160 juta. Ditambah lagi dengan ketentuan selisih margin sebesar Rp 40 juta sebagai keuntungan perusahaan. Apabila permohonan nantinya disetujui, maka nasabah akan mendapatkan cicilan mobil sebesar Rp 5 juta per bulan secara tetap dan tidak akan berubah selama masa pembiayaan.

2. Contoh Perhitungan Kredit Mobil di Bank Syariah

Setelah kita mengetahui cara, syarat dan keuntungan pengajuan kredit mobil syariah, sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana perhitungan angsuran kredit mobil tanpa riba ini.

Sebagai Contoh:

Jumlah pokok hutang: Rp300.000.000

Jumlah bulan cicilan: 60 bulan

Persentase bunga tahunan: 10 % (margin perusahaan berdasarkan kesepakatan)

Maka angsuran yang harus dibayar setiap bulannya adalah Rp7.500.000.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kredit mobil tanpa riba menawarkan lebih banyak keuntungan bagi nasabah. Selain menawarkan kredit tanpa DP, kredit syariah juga tidak membebankan bunga kepada nasabah.