Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prinsip dan Cara Kerja Mobil Listrik

 

Jaman sudah semakin berubah dari segala aspek. Begitu juga dengan perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Mau tidak mau negara kita Indonesia pun harus ikut serta mengikuti kemajuan teknologi termasuk dalam dunia Otomotif. Sebenarnya ini adalah hal yang baik bagi kemajuan industri otomotif kita.

Belakangan ini dalam dunia Otomotif pun tak ketinggalan melakukan sebuah inovasi yaitu dengan hadirnya mobil listrik. Pasalnya, mobil listrik diklaim akan menjadi alat transportasi di masa yang akan datang. Mungkin mobil dengan bahan bakar seperti bensin tidak akan beroperasi lagi. Kemudian jenis mobil listrik pun terus berubah dan semakin banyak ragam pilihannya.

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu mobil listrik? Ini adalah kendaraan yang sepenuhnya atau sebagiannya digerakkan oleh motor menggunakan listrik di baterai. Adapun cara atau prinsip kerja mobil listrik itu pun berbeda-beda sesuai dengan masing-masing jenis mobil listriknya. Berikut ini adalah cara kerja mobil listrik secara umum.

1. Cara Kerja Mobil Listrik

> Adapun cara kerja mobil listrik secara mudahnya yang pertama adalah saat pedal mobil ditekan. Maka controller akan mengambil serta mengatur daya listrik dari baterai traksi dan inverter. Kemudian, dengan pengaturan dari controller, inverter akan mengirimkan sejumlah energi listrik ke motor (sesuai dengan kedalaman tekanan pada pedal).

Motor traksi listrik mengubah energi listrik menjadi energi mekanik (rotasi/putaran) dan putaran dari rotor pada motor akan memutar transmisi sehingga roda berputar lalu mobil pun bergerak.

2. Prinsip Kerja Mobil Listrik BEV

Sebenarnya cara atau prinsip kerja mobil listrik BEV itu sangat sederhana. Jenis mobil BEV disebut juga dengam All-Electric Vehicle (AEV) atau merupakan kendaraan yang beroperasi sepenuhnya dengan menggunakan listrik di baterai.

Jenis BEV tidak memiliki mesin pembakaran (ICE), dan listrik disimpan pada baterry pack untuk selanjutnya pengisian baterai dilakukan dengan menghubungkannya ke jaringan listrik eksternal. Berikut ini adalah contoh prinsip kerja mobil listrik untuk jenis BEV:

> Yang pertama dari prinsip kerja mobil listrik jenis BEV yaitu daya dikonversi dari baterai DC ke AC untuk mengaktifkan motor. Lalu, pedal akselerator mengirimkan sinyal ke control module bertujuan untuk menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan mengubah frekuensi daya AC dari inverter ke motor (bila mobil menggunakan motor induksi).

Selanjutnya
motor menghubungkan dan memutar roda melalui roda gigi tersebut. Nanti apabila pada saat rem ditekan atau mobil melambat, motor menjadi generator menghasilkan listrik lalu disimpan kembali di baterai.