Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Roller Beat Untuk Tanjakan paling Pas

OtoLeB - Sebelum membahas mengenai ukuran roller beat untuk tanjakan, yuk! Kita bahas dulu apa fungsi dari roller untuk motor beat atau matic lainnya. Fungsi dari roller adalah untuk memberikan tekanan pada variator sehingga variator membuka dan merubah lingkar diameter besar pada belt drive sehingga motor bisa bergerak.

Lalu, kira-kira berapa ukuran yang pas? Berikut penjelasannya.
  • Bila anda sering melaju diperkotaan dengan jarak pendek namun diharuskan pada posisi ston and go karena imbas macet maka pilihlah aselerasi. Dengan menurunkan tingkat ukuran roller. Misalnya, patokan normal ukurannya 13 gr. Untuk mendapatkan aselerasi yang nyaman, turunkan saja ukurannya menjadi 11 gr.
  • Namun jika anda lebih sering menggunakan motor untuk perjalanan luar kota, touring dengan jarak jauh dan bersama teman, memilih top speed adalah pilihan bijak. Top speed adalah memilih ukuran roller menjadi lebih berat. Misalnya standar normal 13 gr. Naikkan saja menjadi 14 gr.
Nah, itu dia ukuran roller beat untuk tanjakan. Tapi ingat! Ternyata tidak hanya ukuran roller saja loh, yang bisa menentukan kuatnya tarikan beat. Roller yang bersih juga berpengaruh. Debu yang banyak menempel pada roller juga akan mempengaruhi tarikan mesin.

Maka dari itu, jangan malas untuk sesekali membersihkan roller dari debu-debu yang menempel. Agar roller kuat dan juga awet. Selamat mencoba. (Foto tribunnews)