Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Resiko dan Kelemahan Usaha Bengkel Motor

Analisa usaha bengkel motor (foto detik.com)
Setiap usaha bengkel motor yang kita jumpai di pinggir jalan sudah pasti ada pelanggan meskipun hanya dengan bengkel seadanya. Ada beberapa alasan yang mendasari seseorang berminat membuka usaha bengkel motor yaitu pasar atau pelanggan nya banyak. Di daerah tempat kita tinggal sangat ramai motor lalu lalang dan pasti secara berkala akan melakukan servis.

Hukum peluang bisa diukur dari persentase daya beli alias pelanggan, sedangkan secara umumnya tidak ada istilah takut tak ada pelanggan. ini sebagai pengetahuan saja ketika anda punya keinginan membuka usaha bengkel motor maka itu keputusan yang tepat, Tapi mesti diimbangi dengan pengetahuan tentang resiko dan kelemahan yang akan ditanggung terkait usaha bengkel motor ini.

Bengkel motor adalah salah satu peluang yang memiliki prospek berkilau baik dari segi jasa servis motor nya saja, maupun dari segi penjualan spare part / aksesoris motor.

Setiap hendak memulai usaha tentu kita perlu memahami dari berbagai sudut pandang supaya ketika tahap merintis akan tumbuh rasa optimis yang kuat. Resiko Usaha bengkel motor yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut:

1. Kelemahan Usaha Bengkel Motor

Kelemahan usaha bengkel motor adalah pada lokasi, jika lokasi tidak strategis maka perkembangan bengkel akan lambat. Kelemahan usaha ini juga adalah Pelayanan. Jika servis dilakukan dengan tidak maksimal maka pelanggan tidak akan datang kembali.

Selain itu persaingan harga, terkadang jika harga yang kita jual lebih tinggi dari bengkel lain secara otomatis pelanggan akan berpindah. Ini perlu disiasati agar tidak memberikan harga yang terlalu tinggi.

Kelemahan usaha bengkel selanjutnya yaitu tentang karyawan atau montir, percaya atau tidak ketika karyawan kita sudah semakin faham tentang dunia bengkel maka suatu saat karyawan akan berhenti bekerja dan mendirikan bengkel sendiri.

Dari segi Resiko pun semua usaha sama saja yaitu tahap merintis. Secara khusus resiko  usaha bengkel motor adalah, konsumen tidak mempercayai bengkel kita.

Biasanya disebabkan oleh 2 hal, seperti Jasa servis tidak maksimal dan Harga sparepart terlalu mahal. Resiko lain jika konsisten dalam dunia perbengkelan adalah berpenghasilan.

Maka nya disarankan buat anda yang akan membuka usaha bengkel motor, wajib punya link sparepart yang murah dan karyawan yang profesional. Kalau kedua hal itu dijadikan analisa tentu usaha bengkel kita akan semakin berkembang ke depan nya nanti.


2. Rincian Biaya Buka Bengkel Motor

Biaya buka bengkel motor pribadi bisa dikatakan murah, minimal siap dana sekitar 30 juta. Biaya tersebut sudah include sewa ruko kecil dan melengkapi aksesoris alat servis. 

3. Keuntungan Usaha Bengkel Motor

Keuntungan utama usaha bengkel motor didapat dari 2 keuntungan, yaitu dari jasa servis dan penjualan aksesoris motor (oli, perangkat motor, dll)

Penelusuran Terkait