Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Mobil Agar Mesin Awet

OtoLeB - Cara merawat mobil agar mesin awet harus dilakukan secara kontinyu baik pada mobil baru, mobil bekas atau mobil tua sekalipun, Karena merawat kendaraan bukan lah hal yang mudah. Kita sering melihat dijalan mobil tua bekas dengan mesin nya bagus dan awet.

Banyak orang mengira bahwa cara agar mesin mobil awet itu ya servis rutin. Itu salah besar, kenapa? Ya servis rutin saja belum tentu mesin mobil awet, Karena yang paling utama selain dari servis rutin adalah cara atau perlakuan kita saat berkendara. Berikut penjelasan nya:

1. Mematikan Mesin
Mematikan mesin mobil jika tidak ada aturan sudah pasti akan membuat mesin cepat rusak termasuk komponen lainnya. Mematikan mobil agar mesin awet harap ingat jangan lupa tombol AC dalam posisi off, Audio dan Lampu juga harus off.

Sebab dengan mematikan AC dan lampu audio itu, beban mesin akan berkurang. Selain itu, saat mobil dihidupkan nanti, beban aki juga tidak akan terlalu berat. Inilah salah satu cara agar mesin mobil awet.

2. Gadget Jangan di Charger
Ingat agar mesin mobil mu awet hingga tua jangan pernah meninggalkan telepon selular yang sedang dicharge ke powerbank di mobil karena ini juga berbahaya.

3. Gk perlu Geber gas
Ternyata hampir sebagian besar orang Indonesia ketika akan mematikan mobil seringkali meng geber geber mesin, dengan alasan supaya aki mobil tetap memiliki daya, sehingga mudah saat dihidupkan nanti. Ini juga salah. Karena saat pedal gas diinjak hingga mesin meraung-raung, saat itu pula mesin membutuhkan pelumas lebih untuk mengimbangi putaran mesin yang tinggi.

Lalu, ketika mesin dimatikan secara tiba-tiba, volume pelumasan pun akan berkurang secara drastis. Padahal, saat itu mesin masih panas, masih membutuhkan pelumas. Jika Jikaini sering terjadi, maka mesin pun akan cepat rusak. (Foto blibli.com)