Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Angin Nitrogen dan Angin Biasa pada Ban Mobil

OtoLeB - Sebenarnya pilih isi angin nitrogen atau angin biasa ya? Banyak pertanyaan dikalangan masyarakat, apa perbedaan angin nitrogen dan angin biasa pada mobil ini?. Kalau fungsi nya sama kenapa harga angin nitrogen lebih mahal dibanding isi angin biasa?

Tentu meski sama fungsi, Perbedaan nya Isi angin menggunakan angin biasa dengan nitrogen ternyata ada bedanya. Karena komposisi udara yang kita hirup berupa 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, dan sisanya gas lain. Nah kalau yang dimaksud isi gas / angin nitrogen untuk ban, konsentrasi nitrogennya sudah diatas 99 persen alias hampir murni.

Pakar otomotif mengungkapkan seperti dilansir dari laman gridoto bahwa perbedaan angin nitrogen dan angin biasa itu sebenarnya tidak ada. Hanya saja jenis angin nitrogen memang punya beberapa kelebihan dibanding angin biasa. Berikut pembeda angin nitrogen vs angin biasa:

Tidak Mudah Panas dan Kempes

Angin nitrogen pada ban membuat lebih efisien karena tidak mudah panas dan kempis, sehingga pemakai angin nitrogen jarang kempes ban dan jarang juga isi angin.

Temperatur Ban Terjaga

Seperti dijelaskan diatas, ban isi angin nitrogen lebih efisiensi karena angin nitrogen dapat membuat temperatur dalam ban lebih terjaga, sehingga tidak terpengaruh dengan suhu di luar. Meski pengguna mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, temperatur ban tidak akan meningkat drastis.

Begitu juga saat kendaraan diparkir, angin nitrogen akan stabil. Jadi wajar ya harga angin nitrogen lebih mahal sedikit dibanding angin biasa. So kalau angin nitrogen lebih baik dan efisien kenapa kita gk kita coba betul gk? (Foto tribunnews)