Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Mobil Diesel atau Bensin? inilah Perbandingan Keunggulannya

Pilih mobil diesel atau bensin? sering jadi topik utama disaat kita akan membeli ataupun sekedar mengetahui perbedaan keduanya. Jika kita memilih mobil mesin diesel sudah pasti ad keunggulan dan ada juga kekurangan dibanding mobil bensin. Seperti di negara Eropa banyak sekali yang menggunakan mobil diesel, tentu ini sangat berbeda sekali dengan Indonesia, dimana mobil bensin lebih mendominasi pada mobil pribadi.

Meski saat ini tersedia beberapa tipe mobil dengan mesin diesel, tapi biasanya jenis ini adalah mobil niaga, truk, bus dan lainnya. Agar kita mengetahui tentang perbedaan kelebihan mobil diesel dibanding mobil bensin sama - sama unggul dan juga punya kelemahan Berikut penjelasan nya:
  • Mesin Diesel Lebih Efisien
Mesin ini mampu mengkonversi 45-50% dari energi bahan bakar untuk listrik, mayoritas mesin bensin hanya mampu mengkonversi sekitar 30% dari energi bensin untuk menyalakan mobil. Selain itu, mesin diesel memiliki rasio konversi lebih tinggi dari pada mesin bensin
  • Mesin Diesel Lebih Terpercaya
Selama lebih dari 50 tahun terakhir, mesin diesel membuktikan secara signifikan lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan mobil bensin. Salah satu alasan tentang ini adalah fakta bahwa mesin diesel justru tidak membutuhkan sistem pengapian yang lebih tinggi, dan juga tidak memancarkan frekuensi radio yang dapat menyebabkan masalah dengan sistem elektronik kendaraan.

Selama pemilik melakukan pemeliharaan dengan baik,maka mesin diesel jauh lebih awet dari komponen lain dalam kendaraan. Dengan teknologi turbo modern maka kelemahan dari mesin diesel dapat diminimalisir.
  • Menggunakan Pengapian Otomatis
Sebuah keuntungan besar ketika mengendari mobil dengan didukung mesin diesel adalah, bahwa bahan bakar otomatis menyala, keuntungan ini memberikan manfaat besar karena dengan tidak memerlukan busi atau kawat maka biaya perawatan secara keseluruhan mobil lebih murah dibandingkan dengan mobil bensin.
  • Biaya Bahan Bakar Lebih Rendah
Meskipun pemakai mobil dengan mesin diesel ini tidak menyadari dengan harga per liter bahan bakar diesel non subsidi yang lebih tinggi dibandingkan dengan premium atau pertamax. Namun biaya bahan bakar untuk keseluruhan untuk bahan bakar diesel lebih rendahantara 30-50% dari mesin bensin. Diesel tetaplah lebih murah bagi konsumen.
  • Biaya Kepemilikan Secara Keseluruhan Lebih Murah.
Sebuah keuntungan besar bagi pemilik kendaraan yang menggunakan mesin diesel, karena mobil ini akan memiliki biaya yang lebih rendah secara keseluruhan kepemilikan untuk seumur hidup kendaraan jika dibandingkan dengan mobil bensin. Selama periode kepemilikan 5 tahun, perbedaan ini bisa mencapai sekitar 94 juta untuk mobil diesel. Penghematan utama adalah penghematan dari bahan bakar selama 5 tahun.
  • Bahan Bakat Solar Lebih Aman
Selama bertahun-tahun, diesel r terbukti lebih aman dibandingkan bensin karena beberapa alasan. Salah satunya adalah diesel pada dasarnya lebih sulit untuk terbakar dan biasanya tidak akan meledak ketika terkena sumber panas yang tinggi dan bahan bakar diesel tidak mengeluarkan uap seperti bahan bakar bensin. Kemungkinan uap dari bahan bakar dapat memicu dan menyebabkan kebakaran kendaraan. Semua faktor ini memberikan perlindungan bagi konsumen dari kecelakaan mobil.
  • Menghasilkan Karbon Monoksida Rendah
Mobil diesel jauh lebih rendah menghasilkan karbon monoksida dibandingkan dengan mobil bensin, keuntungan ini mampu berguna untuk pengaturan non otomotif secara generator diesel dapat digunakan dalam lingkungan dimana gas buang bensin akan berakibat fatal.
  • Mesin Diesel Lebih Mudah Untuk Turbo Charger
Dibandingkan dengan mobil bensin, mesin diesel jauh lebih mudah untuk mengaplikasikan turbo charge pada mesin diesel. Desainer menginvestasikan sejumlah waktu untuk membuktikan bahwa mesin bensin dengan turbo tidak akan diletakkan di bawah tekanan yang berlebihan sehingga dapat meledak. Mesin diesel disisi lain dapat bertahan secara signifikan.
  • Mesin Diesel Jauh Lebih Dingin
Mesin diesel dapat bekerja jauh lebih dingin daripada mesin bensin, karena mesin yang lebih efisien ada limbah panas sedikit selama operasi mesin. Sejak diesel menggunakan sekitar 40% lebih sedikit bahan bakar untuk menghasilkan output daya yang sama sebagai mesin bensin dengan ukuran yang setara, ada sedikit panas yang dihasilkan selama proses pembakaran. (foto Kudamas.com)