Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Benjol pada Ban Motor Mobil

Otoleb - Memperbaiki ban benjol pada ban motor mobil terkadang sangat diperlukan oleh sebagian pengendara, karena hal ini bukan hal yang tabu rata - rata kita pasti pernah mengalami, tentu tidak nyaman ya Vroh?

Penyebab ban benjol bisa saja dari pabrikan memang tidak di seleksi sebelum di pasarkan. Selain itu bisa juga disebabkn oleh perjalanan jauh, sering ngerem depan mendadak dan jarang ngecek angin ketika habis perjalanan jauh.

Itulah faktor penyebab ban benjol pada kendaraan. Lalu bagaiamana cara mengakali benjolan itu? Sebenarnya tidak ada cara yang aman dalam memperbaiki ban benjol karena demi keamanan sebaiknya ban benjol itu diganti.

Namun jika suasana tidak memungkinkan, misal anda punya bengkel, pelanggan anda minta diperbaiki dan gk mau ganti ban baru, anda bisa memperbaiki nya dengan cara sederhana dibawah ini.

Berikut cara memperbaiki / mengakali benjolan pada ban mobil dan motor seperti yang dilansir otoleb dari laman autogaya.com
  1. Siapkan alat yang dibutuhkan, alatnya adalah benda berujung tajam seperti paku atau obeng atau bisa juga pisau kecil serta kompresor atau pompa.
  2. Carilah bagian yang terdapat benjolan pada ban mobil dan motor anda.
  3. Apabila sudah ketemu tusuk pada benjolan tersebut dengan benda tajam yang sudah disiapkan, tapi ingat angin pada ban dalam harus terisi dan hati-hati jangan sampai menusuk sampe kepada ban dalam.
  4. Setelah itu kempeskan ban dalam dan selanjutnya isi angin lagi pada ban tersebut dengan kompresor atau pompa yang sudah disiapkan tadi.
  5. Ulangi cara no 3 sampai angin yang ada di benjolan tersebut bisa keluar.
Nah setelah selesai dan benjolannya sudah hilang, maka kendaraan anda sudah siap digunakan.

Tapi ingat, cara ini tidak untuk jangka panjang lho gaess harap sesegera mungkin anda harus mengganti ban tersebut demi keamanan. Oke vrooh semoga bermanfaat yah