Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah cek Bodi Mobil bekas Dempul

Resiko membeli mobil bekas salah satunya adalah urusan bodi. Ya masalah bodi dempul yang sudah dipoles atau dilapisi dempul bisa diperhatikan dengan mengamati pada bagian yang rawab terjadi benturan.

Tentu cara mendeteksi dempulan pada bodi mobil mesti dilakukan dengan cara yang benar. Jika tak faham bisa saja bodi mulus tetapi itu semua dempulan.

Dempul pada bodi mobil biasa dilakukan saat perbaikan pasca insiden (penyok) akibat nabrak atau nyenggol benda keras. 

Mengetahui mobil yang sudah didempul itu perlu apalagi saat kita mau beli mobil bekas. Setiap hendak membeli mobil bekas sudah pasti yang di dideteksi adalah bodi terlebih dahulu baru komponen mesin.
Dempul bodi mobil (foto antaranews)
Apakah mobil pernah mengalami benturan yang mengakibatkan bodi mobil harus di dempul dan di cat ulang?

Kita sama tahu saat ini dempulan bodi mobil sering kita jumpai saat orang mengalami insiden nabrak atau kena tabrak.

Nah sebelum masuk tahap proses pengecatan bodi mobil akan di dempul terlebih dahulu. Cara ini dilakukan untuk meratakan dan memuluskan bodi mobil. Kalau tidak teliti memang bodi mobil hasil dempulan terlihat sama dan nyaris tidak kasat mata.

Cara Mengetahui Mobil Dempulan

Lalu seperti apa cara mudah mengetahui bodi mobil yang sudah di dempul ? Banyak orang tidak mengetahui alias tidak cek terlebih dahulu bahwa mobil bekas yang ia beli ternyata aslinya sudah banyak dempulan. Kan kurang enak juga kalau baru diketahui bodi aslinya sudah gk bagus.

Pada dasarnya dempul menjadi bahan yang kerap digunakan pada saat perbaikan bodi mobil. Setelah pelat bodi yang penyok kemudian diperbaiki, biasanya bengkel mobil akan menambahkan bahan dempul untuk meratakan permukaan sebelum dilapisi cat.

1. Perhatikan Warna Cat
Cek bodi dengan parkir di tempat yang terang dan cukup luas agar ketahuan jika ada dempulan biasanya gelombang nya beda. Dan sinar pantul bodi beda.

2. Cek Pintu
Lihat juga semua pintu, terutama bagian dalam karena bila sudah pernah dilas ketok di bagian itu biasanya tidak bisa sempurna.

3. Cek suara Bodi
Mengetukkan tangan pada bagian bodi mobil. Jika suara bodi mobil cenderung berat dan tidak nyaring, maka bisa jadi mobil tersebut telah di dempul. Kalau masih nyaring berati belum pernah di dempul.

4. Coba tutup pintunya dan dengar apakah suara yang timbul terdengar normal.

Ciri - Ciri Bodi Mobil Dempulan
  • Pendempulan tidak bagus warnanya akan belang, kaya terlihat berawan.
  • Dempul juga rawan akan terjadi keretakan. Terlebih jika komposisi bahan dempul tidak sesuai.
  • Bodi mobil banyak dempulan bisa memengaruhi harga jual.
  • Selain itu, mobil yang didempul juga corak warna yang dihasilkan terlihat kurang bersinar
Disarankan bagi anda yang akan membeli mobil bekas, jika tak faham tentang cara mendeteksi bodi bekas dempulan sebaiknya mintalah bantuan orang yang ahli.

Karena yang namanya barang polesan kan kurang enak jika tak diketahui secara lengkap. Faktor nya bisa menunrunkan nilai atau harga.