Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Agar Bengkel Motor Ramai Pelanggan

Seperti apa sih cara agar bengkel motor ramai pelanggan? Bengkel motor ramai adalah tujuan utama pelaku usaha perbengkelan, karena jika usaha bengkel motor ramai tentu pemasukan akan stabil dan penjualan suku cadang meningkat.

Ramai tidaknya bengkel motor pasti dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mungkin kita sering terlintas pertanyaan, Mengapa bengkel motor si A ramai dan bengkel motor kita sepi? Mari kita ulas.

Mungkin bengkel motor orang lain ramai karena sparepart nya murah atau bisa jadi harga jasa servis nya juga murah jadi wajar kan bengkel mereka ramai? 

Pernyataan tersebut tidak bisa sepenuhnya dijadikan acuan karena ramai tidaknya bengkel motor itu pelayanan. Karena hukum usaha adalah, pelanggan adalah raja. Nah berikut ulasan cara agar bengkel motor ramai
Refrensi foto tribunsumbar.com
Cara agar Bengkel Motor Ramai

Usaha bengkel motor jika tidak ramai pasti sepi dong kebalikan nya. Cara menyiasati agar usaha bengkel motor ramai itu mudah dan sangat sederhana. Mungkin ini bisa membantu anda agar usaha bengkel jadi ramai.

Ciptakan Kenyamanan

Jika anda buka bengkel motor supaya ramai pelanggan usahakan dari segi kenyamanan harus no 1. Contoh menyiapkan kursi bagi pelanggan yang sedang servis.

Usahakan tempat duduk tersebut tidak kotor. Kenyamanan itu salah satu faktor agar bengkel motor kita ramai pelanggan. Kalau tidak nyaman gimana pelanggan mau ramai, yang ada pada kapok.

Punya Adab Melayani

Seumpama anda buka bengkel maka perlakukan pelanggan anda sebaik mungkin supaya bengkel anda ramai pelanggan. 

Seperti komunikasi atau sekedar bertegur sapa itu bagian dari adab, karena kita tidak tahu isi hati pelanggan, tetapi jika kita punya aturan beradab semua manusia akan merasa dihargai.

Begitu juga dengan pelanggan kita, adab melayani salah satu cara agar bengkel motor jadi ramai.

Jangan Jadikan Tempat Nongkrong

Agar bengkel ramai pelanggan cobalah tidak membuat suasana bengkel terkesan jadi tempat nongkrong.

Percaya deh, jika bengkel motor mu dijadikan tempat nongkrong, maka pelanggan akan kurang nyaman karena akan pasti risih dengan obrolan teman teman mu.

Walaupun seandainya teman mu banyak, sudah pasti pelanggan mu tidak akan berkembang. Jika anda punya banyak teman maka pisahkan lah tempat nongkrong dengan bengkel motor mu.

Jangan Nipu Pelanggan

Usaha bengkel mu akan ramai jika selalu jujur, misal bengkel mu baru merintis tentu sparepart motor belum lengkap.

Jika ada pelanggan membutuhkan penggantian suku cadang maka berkata jujurlah bahwa suku cadang bisa dibeli ditempat lain, namun jasa bisa anda bilang sebenarnya.

Urusan kejujuran juga mengenai Suku cadang, jika pelanggan anda kau layani dengan jujur sudah pasti kepercayaan akan datang ke bengkel motor mu. Suku cadang KW jangan dibilang Asli. Lebih baik fair dan apa adanya.

Tidak Usah terlalu Rewel

Cara supaya bengkel ramai selanjutnya yaitu Tak perlu Rewel. Misal ada pelanggan servis motor ganti oli, dan motor tersebut banyak sekali kelemahan dan perlu diperbaiki.

Maka tidak perlu rewel cukup ganti saja oli nya. Jika memang ingin diutarakan misalnya, bagian gir rantai sudah parah boleh sekedar saja mengingat kan.

Jangan Lupa Berterima kasih

Ucapan terimakasih memang sangat sepele, jika bengkel motor anda diterapkan rasa terimakasih sudah pasti nilai plus bagi pelanggan.

Ucapan terimakasih sebaiknya dilakukan bersahaja dengan raut wajah yang ceria. Cara ini cukup efektif membuat bengkel kita ramai karena pelayanan kita

Jaga Kebersihan Area Bengkel

Bengkel motor ramai Sudah jadi hal lumrah kebersihan area usaha jadi penentu betah atau tidaknya pelanggan servis ke Bengkel kita.

Biasakan membersihkan tempat duduk pelanggan. Kalau terbiasa bersih, Pelanggan akan nyaman dan bengkel kita akan ramai.

Tarif Jangan terlalu tinggi

Agar bengkel motor ramai yang menjadi pendukung penting yaitu mengenai tarif atau harga baik jasa atau harga sparepart. 

Percayalah jika selisih harga bisa membuat pelanggan kembali lagi. Kalau ganti oli misalnya memungkinkan jangan terlalu tinggi selisih dengan bengkel lain.

Selalu Ramah dan Bersahaja

Agar bengkel ramai cobalah, Saat menjumpai pelanggan sambutlah dengan bertegur sapa yang baik. Tentunya diimbangi dengan sikap bersahaja.

Boleh mendekati pelanggan langsung untuk menanyakan keluhan atau permintaan pelanggan terkait motor yang akan di servis. Jika ada pelanggan yang bertanya meskipun mereka iseng usahakan menjawab sebaik mungkin (direspon dengan bijak).