Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bisnis motor bekas dengan MODAL KECIL

Bisnis motor bekas dengan modal kecil bisa dilakukan dengan mudah, dan tidak usah khawatir dengan modal kecil anda karena bisnis motor bekas ini kalau diperhatikan perputaran uangnya cepat. Untuk pemula sekalipun bisa menjalankan bisnis jual beli motor bekas walau hanya dengan modal kecil.

Kita ambil contoh saja, misal modal kecil kita 5 juta lalu kita cari motor bekas yang lengkap dengan harga kisaran 5jt. Umpama nya beli motor Yamaha Mio M3 Rp 5jt lalu kita jual dengan harga 5,3 jt. Sudah untung kecil sebesar 300rb.

Kita ambil contoh lagi misal modal kecil kita Rp 3,5jt. Untuk mendapatkan motor lengkap maka bisa cari jenis motor bebek seperti Vega ZR itu pasti dapat lengkap. Kemudian kita jual 3,8jt saja pasti ada yang beli. Itulah gambaran cara bisnis motor bekas dengan modal kecil. Pada intinya walaupun tawaran orang jual standar bisa kita tawar sekitar 300rb, nantj pas kita beli kemudian kita jual kembali dengan harga sama.

Bisnis jual beli motor bekas agar sukses walau hanya modal kecil khususnya bagi anda yang sedang berencana memulai bisnis ini tentu harus mengetahui analisa yang baik agar bisnis motor bekas yang kita jalankan menghasilkan.

Bagaimana cara memulai nya? Apa saja langkah yang mesti dilakukan? Jual beli motor bekas jika diperhatikan memiliki potensi penghasilan yang lumayan, dimana keuntungan didapat dari penjualan motor itu sendiri.

Cara Bisnis Motor Bekas Modal Kecil
(Referensi foto olx.co.id)
Mungkin semua orang bisa menjalankan bisnis jual beli motor bekas namun tidak semua mampu berpenghasilan sesuai yang diharapkan. Apalagi saat ini semua serba mudah dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana jual dan beli. Artinya pasaran harga rata-rata bisa diketahui khalayak umum.

Perhatikan beberapa poin penting dibawah ini, jika anda ingin memulai bisnis jual beli motor bekas yang sukses. Analisa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anda. Jika hendak terjun bisnis motor bekas ingatlah hal berikut ini.

1. Jual Beli Motor Bekas Ingat Transaksi

Maksudnya ketika anda mulai membeli sebuah motor bekas maka perhatikan apakah motor tersebut akan segera laku? Perkiraan berapa hari motor tersebut akan terjual? Karena jika tidak terjual maka tidak ada transaksi, dan sudah pasti pemasukan tidak ada.

2. Tidak Perlu Ambil Untung Banyak

Membeli motor bekas misal harga 7 juta dan anda jual 8,5 juta maka itu salah besar. Berarti pikiran anda mengharapkan keuntungan besar. Boleh sih, Tapi jamin deh Langkah tersebut bertentangan dengan poin pertama diatas. Ya transaksi anda akan lambat. Seandainya motor yang dibeli 7 jt lalu dijual 7,3jt sudah pasti cepat laku.

3. Tidak Usah Beli Motor Rusak

Biasanya prinsip ini dilakukan oleh pemula yang baru memulai bisnis jual beli motor bekas. Mungkin saja langkah tersebut kurang pas karena membeli motor rusak lalu dijual kembali dengan berharap untung tinggi ya. Ingat, berapa lama anda servis motor bekas tersebut? Jika sudah diservis berapa hari akan laku terjual?

Artinya kalau mau fokus jual beli motor bekas yang benar, sebaiknya jangan pernah beli motor yang rusak. Sudah pasti modal anda akan lambat berputar, Transaksi jarang dan pasti Penghasilan tidak ada.

4. Targetkan Jenis Motor yang Cepat Laku

Jika anda sudah mampu membaca pasar, dalam artian anda faham motor apa saja yang cepat laku dan paling mudah terjual. Kalau anda belum mampu membaca kebutuhan pasar, coba gunakan media sosial melihat dan menganalisa motor yang paling banyak di cari. Targetkan harga motor bekas dengan budget tertentu.

Misal anda bidik harga motor beat, Mio paling tinggi 8jt. Maka fokuslah dengan itu. Harga dan merk motor harus selalu diutamakan. Oh ya, jangan sekali-kali beli motor bodong atau tak bersurat karena dampaknya buruk. Lebih baik jual beli motor bekas yang lengkap bersurat karena tidak bermasalah dengan hukum tentunya.

Analisa Penghasilan Jual Beli Motor Bekas

Jika 4 poin diatas sudah anda analisa maka kita coba membahas potensi penghasilan dari konsep diatas. Penghasilan didapat jika ada transaksi penjualan. Misal dalam 1 bulan ada 30 hari yang terbagi dalam 4 minggu. Jika 1 minggu saja anda bertransaksi jual sebanyak 4 kali. Dan sekali transaksi keuntungan kita Rp 300.000 maka dalam 1 bulan hitungannya sebagai berikut:

1 minggu 4 kali transaksi x 300rb
4 x 300.000 = 1.200.000
Jika 4 minggu maka,
4 x 1.200.000 = Rp 4.800.000 total pemasukan dalam sebulan.

Hitungan tersebut berdasarkan penghasilan per unit jual Rp 300 ribu. Seandainya transaksi kita ada yang dapat 400 rb berarti lebih banyak. Namun diupayakan jangan mengambil untung diatas 500rb karena SUDAH PASTI motor yang anda jual Lambat dibeli orang.

Jika selama ini anda kurang berpenghasilan bisnis jual beli motor mungkin anda perlu merubah strategi. Analisa diatas bisa anda buktikan meski persaingan sangat ketat. Perhatikan 4 poin penting diatas sebagai acuan bisnis jual beli motor bekas yang baik dan menghasilkan.

Penelusuran terkait: