Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kendala Usaha Bengkel Motor harus Anda Pahami sebelum Terlanjur

Membuka usaha bengkel motor perlu memperhatikan beberapa aspek terutama bagi yang akan memulai usaha ini, seperti apa saja kendala yang akan dihadapi, baik sebelum atau sesudah buka usaha bengkel motor? 

Kendala yang akan dihadapi seperti apa? Mengetahui kendala suatu usaha sangat penting untuk diketahui karena hal tersebut sebagai motivasi atau untuk dipertimbangkan.

Kendala usaha bengkel motor dari sudut pandang modal, pelanggan, servis dan lokasi. Jika kita kupas secara sederhana tentu poin tersebut akan kita uraikan.
Kendala usaha bengkel motor

Kendala Usaha Bengkel Motor

Usaha bengkel motor memiliki kendala  tersendiri dari berbagai aspek kita tahu bahwa usaha bengkel motor tidak semudah yang dipikirkan, jangan hanya melihat bengkel yang sudah sukses dan ramai pelanggan. Berikut kendala yang akan dihadapi para pemilik usaha bengkel motor.

1. Kendala Modal Lumayan Besar

Usaha bengkel motor jika hanya mengandalkan modal yang kecil memang tidak masalah tetapi untuk mendukung kelengkapan bengkel tentu perlu modal yang cukup, agar pelanggan ramai terutama masalah stok sparepart.

Seandainya suku cadang inti yang disediakan ada, tentu pelanggan akan cepat ramai. Modal awal yang besar inilah salah satu jadi kendala awal ketika akan buka usaha bengkel motor.

2. Terkendala Karyawan

Membuka bengkel motor tidak bisa dikerjakan sendiri meskipun anda faham seluk beluk mesin dan suku cadang motor, anda perlu mencari karyawan.

Kendala inilah yang harus teliti dalam mencari karyawan yang bagus dan terampil itu susah. Terkadang kita ditinggalkan karyawan tersebut karena buka bengkel sendiri.

3. Kendala Saingan

Usaha bengkel motor memiliki persaingan yang ketat, jika tidak pandai menyiasati maka bengkel akan sepi. Kendala ini sangat umum, maka sebaiknya ditengah persaingan sebegitu ketat hendaknya pelayanan kita sangat diutamakan. 

4. Kendala Harga / Tarif Servis

Kendala usaha bengkel motor yang paling nyata ialah pelanggan tidak kembali lagi karena jasa atau harga suku cadang lebih mahal dengan bengkel lainnya.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang kendala usaha bengkel motor. Sedangkan dilihat dari resiko nya, usaha bengkel motor itu sangat merepotkan dan kotor. Semoga bermanfaat..