Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Soket Sekring Mobil Meleleh

Soket sekring mobil meleleh sebetulnya itu disebabkan oleh faktor sepele, namun terkadang hal sepele itulah yang berakibat fatal. Sekring pada mobil adalah komponen sebagai pengaman kelistrikan.

Sekring mobil biasanya ditempatkan di bagian mesin atau di balik dashboard. Sekring ini akan mengamankan panas listrik berlebih sehingga tidak terjadi korsleting arus pendek.

Lalu apa penyebab soket sekring mobil sering meleleh? Soket sekring mobil meleleh umum nya terjadi pada mobil tua.

Jika hal tersebut tidak diperhatikan akibat nya fatal mobil bisa rusak dan terbakar. Contoh nya Jika ada korsleting arus pendek saja bisa insiden terbakar.

Penyebab Soket Sekring Meleleh
 

Soket sekring meleleh disebabkan oleh adanya kerusakan pada sistem kelistrikan mobil.

Penyebab utamanya yaitu adanya arus yang berlebihan melewati kabel menuju soket sekring mobil. Arus yang melewati batas ini akan membuat panas dan dan pasti lama-kelamaan membuat soket sekring mobil meleleh. Bahaya ini jika dibiarkan.

Makanya sangat disarankan untuk pengguna mobil agar rutin mengecek pada bagian ini. Jika soket sekring sudah terlihat meleleh sebaiknya langsung di benahi.

Gak cuma mobil tua, kadang pula mobil baru ada kendala di bagian soket sekring ini.

Selain itu, penyebab utama sekring soket meleleh terjadi karena pemasangan sekring dan soket sekring yang tidak pas.

Kalau kita servis di bengkel harus diperhatikan ketika memperbaiki soket sekring ini jangan sampai tidak pas masangnya.

Jika pemasangan sekring tidak pas sudah pasti akan terjadi pergerakan (bergoyang) dan ini menyebabkan panas pada rumah sekring.