Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Bus Pariwisata dan Kapasitas nya

Pasti kalian yang membaca artikel ini pernah melihat berbagai bentuk Bus mulai dari Bus yang besar hingga yang kecil. Meskipun ukurannya berbeda tetapi namnya tetapi Bus karena dapat mengangkut banyak orang.

Bus adalah alata transportasi yang dipilih ketika akan melakukan perjalanan secara rombongan, jadi agar dapat berangkat secara bersamaan, maka Bus jadi solusi terbaiknya. Bus ini biasanya digunakan untuk pergi wisata, KKN, KKL dan lain sebagainya.
 

Nah, untuk kalian yang akan pergi berwisata dengan rombongan, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu jenis Bus dan seperti apa fasilitasnya agar anda nyaman selama melakukan perjalanan.

1. Bus High Deck

Jenis Bus ini adalah jenis Bus yang besar karena sesuai dengan namanya. Bus ini memiliki ketinggian 3 hingga 4 meter yang tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan Bus non HD. Jika dilihat secara sekilas, anda bahkan sulit membedakan antara Bus HD dengan non HD.

Namun yang pasti dari perbedaan keduanya adalah berada di tempat duduk supirnya, jika Bus HD maka tempat duduk supirnya akan lebih rendah dibandingkan penumpang. Selain itu juga terletak pada desain interiornya.

Karena ukurannya yang tinggi tersebut Bus ini memiliki banyak space yang longgar di bagian kabin dan bagasi, dan bahkan dapat memuat beberapa sepeda motor. Bis ini tren pada tahun 2009 dan masih eksis hingga sekarang.

2. Bus Super High Deck

Jenis Bus Pariwisata selanjutnya adalah Super High Deck atau sering disingkat dengan nama SHD, bus ini menjadi Bus favorite bagi konsumen sehingga menjadi armada unggulan oleh beberapa PO di Indonesia.

Tinggi Bus ini hampir mencapai 4 meter dengan interior yang mewah dan nyaman sehingga konsumen akan merasa luas ketika menggunakan Bus ini. Untuk mengenali bus ini dapat dilihat dari bagian depannya yaitu memakai kaca ganda dan mempunyai sekat pembatas.

Sama dengan jenis Bus High Dek, Bus SHD ini memiliki bagasi yang sangat luas dan bahkan dapat memuat lima sepeda motor. Selin itu juga Bus ini sangat luas, hal ini dapat dilihat dari jarak kursi antar penumpang yang cukup jauh sehingga kaki anda pasti tidak akan tertekuk.

3. Bus High Deck dengan Double Glass

Bus jenis ini adalah Bus hasil pengembangan dari Bus SHD, Perbedaan yang sangat mencolok pada bus SHD ini yaitu bodi yang lebih rendah dan sama tingginya dengan bodi HD. Secara dimensi tinggi dari bus ini yaitu lebih rendah 30 cm dari bus HD yaitu 3,7 meter.

Interior bus ini ada konfigurasi seat 2-3 dan juga 2-2. Perancangan interior kabin bis termasuk pemasangan panel dan komponen interior lainnya begitu sangat rapih.

4. Bus Double Decker

Bus jenis ini adalah Bus bertingkat yang menjadi promadona bagi busmania, bus ini harganya bisa mencapai milyaran karena menggunakan mesin mercedez Benz. Tinggi Bus ini lebih dari 4 meter dengan kapasitas penumpang 4 7 saja.

Kapasitas dari bus ini mencapai 250 ton, kemudi yang sudah power stering ditambah dengan electronic stability program dan keakuratan serta kestabilan kemudi ketika sedang berjalan telah diatur serba otomatis.

5. Bus Ultra High Decker

Bus ini memiliki ketinggian hingga 4 meter dengan desain interior yang mewah dan menarik sehingga ketika penumpang masuk ke dalam Bus ini maka mereka akan dimanjakan dengan kenyaman yang luar biasa.

Bagian driver Bus ini di desain lebih rendah dari kursi penumpang, hal ini bertujuan agar memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang ketika akan masuk ke dalam Bus. Mesin dari Bus ini dirancang diatas chasis premium Mercedez Benz dengan kapasitas 11.967 cc dan ruang bagasi yang begitu sangat luas