Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya, apa sih mobil hybrid itu? Apa sama dengan mobil listrik? Jawabannya tentu Berbeda.

Mobil Hybrid merupakan mobil yang menggunakan dua sumber tenaga agar bisa bergerak yaitu dari bahan bakar minyak seperti mobil pada umumnya dan dari motor listrik yang menggunakan baterai.

Jika menggunakan dua sumber tenaga pastinya kalian sudah bisa menebak bahwa tujuan dari terciptanya dua sumber tenaga tersebut agar irit bahan bakar apalagi harga bahan bakar semakin lama semakin mahal.

Meskipun mobil Hybrid ini dikatakan irit bahan bakar, namun konsumen lebih memilih untuk membeli mobil non Hybrid, karena dari segi harga mobil Hybrid lebih mahal bahkan dengan jenis yang sama selisihnya bisa lebih dari 100 juta.

Kelebihan Mobil Hybrid
 
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid (foto anataranews)
Selain masalah harga, kurangnya peminat untuk mobil Hybrid karena opini masyarakat yang beranggapan jika mobil yang menggunakan dua sumber tenaga ini akselerasi nya tidak setangguh mobil non Hybrid.

Jadi apakah opini tersebut benar? Mari kita simak apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari mobil Hybrid ini.

1. Bahan Bakar Irit

Kelebihan mobil Hybrid yaitu Irit BBM, Hal ini telah disinggung sebelumnya bahwa mobil Hybrid menggunakan dua sumber tenaga yang saling terpadu dalam menggerakkan mobil.

Ketika mobil melaju lambat maka akan secara otomatis mobil akan menggunakan penggerak motor listrik tenaga baterai dan untuk penggerak bensin juga secara otomatis dimatikan.

Sedangkan jika mobil berjalan lebih cepat, mesin bensin yang akan menggerakkan mobil sambil melakukan pengisian ulang baterai.

Jadi sudah terjawab pertanyaan anda, bahwa kedua hal tersebut yang menyebabkan mobil jenis Hybrid ini lebih irit bahan bakar minyak. 

2. Ramah Lingkungan

Kelebihan mobil Hybrid yang kedua yaitu Ramah lingkungan. Dikatakan ramah lingkungan karena rendah emisi gas buang atau sedikit menghasilkan polisi udara.

Hal ini bahan bakar minyak yang digunakan lebih sedikit dibandingkan non Hybrid. Jadi untuk anda yang ingin mobil ramah lingkungan anda bisa memilih jenis mobil Hybrid.

3. Tidak Berisik

Kenyamanan saat berkendara bisa anda rasakan di mobil Hybrid ini karena dalam kondisi macet sekalipun tetap senyap. Inilah Kelebihan yang mobil Hybrid yang ketiga.

Sedangkan jika menggunakan mobil non Hybrid anda akan terganggu oleh suara mesin atau getaran, apalagi ketika jalan sedang macet.

Mobil jenis Hybrid ini tentu sangat cocok untuk menemani Anda yang tinggal di kota besar yang rawan kemacetan atau Anda yang gemar melakukan perjalanan jauh.

4. Menggunakan Transisi CTV

CVT atau Continuous Variable Transmission. Fungsi dari CTV ini memberikan kenyamanan bagi pengemudi atau penumpangnya karena anda tidak akan merasakan perpindahan gigi yang "kasar”"seperti mobil non hybrid ketika melewati polisi tidur atau akan menanjak.

Jadi ketika anda mengendarai mobil hybrid ini anda tidak akan merasakan itu melainkan halus bahkan hampir tidak terasa. Jadi akan merasa lebih nyaman di dalam mobil.

5. Akselerasi dan Kecepatan Mantap

Kelebihan mobil Hybrid yang kelima adalh akselerasi nya mantap. Pasti ada yang bertanya nih, Kok bisa akselerasi dan kecepatannya mantap sedangkan menggunakan bahan bakar sedikit jadi tenaganya juga pasti lebih sedikit dong?

Anggapan tersebut tidak terbukti, penggunaan bahan bakar yang lebih sedikit terbukti tidak berpengaruh terhadap akselerasi dan kecepatan yang dimiliki mobil Hybrid.

Kelemahan Mobil Hybrid

Setiap yang memilki kelebihan pasti ada kekurangan, berikut adalah kekurangan mobil Hybrid

1. Harga Lebih Mahal

Hal ini sudah pasti karena kecanggihan yang ditawarkan oleh mobil Hybrid, misalnya saja mobil All New Camry 2.5 Hybrid pada awal tahun 2017 saja dijual dengan harga Rp 764.750.000 di daerah Jakarta.

Sedangkan Toyota All New Camry 2.5 V non Hybrid dijual dengan harga Rp 599.700.000.

Dilihat dari selisihnya saja cukup jauh ya yaitu sekitar 160 jutaan. Perbedaan harga yang cukup jauh inilah yang menjadi alasan masyarakat lebih memilih mobil non hybrid.

2. Perawatan dan Perbaikan Mahal

Perawatan dan perbaikan dari mobil hybrid ini lebih rumit karena Suku cadangnya saja tidak dijual sembarangan hanya di dealer resmi saja, dan harganyapun mahal apalagi masa garansinya sudah berakhir.

Yang membuat mobil ini rumit untuk perbaikan adalah ketika penggerak motornya yang mengalami kerusakan.

Untuk umur baterai untuk pemakaian normal sekitar 8 - 9 tahun. Jadi jika pemakaian anda tidak normal, maka anda siap-siap melakukan perawatan lebih cepat.

3. Tidak Banyak Pilihan

Untuk jenis mobil Hybrid ini tidak banyak hanya beberapa saja, di Indonesia sendiri jenis mobil Hybrid ini hanya Toyota Camry dan Alphard, Honda Fit dan CR Z dan Lexus ES300H. Namun tidak menutup kemungkinan akan banyak muncul jenis mobil Hybrid lainnya yang lebih terjangkau.