Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Hemat Bayar Premi Asuransi Mobil Cobain 5 Tips ini

Bagi sebagian pemilik kendaraan mobil, Sering beranggapan asuransi mobil adalah hal yang tidak terlalu utama, karena mereka merasa yakin bahwa kendaraan yang dibeli akan aman-aman saja. Baik aman dari pencurian maupun aman di lalu lintas. Selain itu alasan paling utamanya adalah jika mobil di asuransikan maka akan menambah biaya.

Berkaitan dengan biaya, pasti anda berfikir sangat mahal, sehingga anda tidak yakin akan mengambil asuransi untuk kendaraan. Anda mungkin saja bisa menyadari pentingnya punya asuransi mobil dengan membaca artikel ini, tapi sudah tahukah berapa biaya premi asuransi mobil yang ideal dan tidak memberatkan keuangan?

Sebenarnya tarif dari asuransi mobil sudah di atur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017. Namun lagi-lagi besaran asuransi ini tergantung pada setiap perusahaan. Jadi ada banyak variasi besaran premi asuransi, yang paling jelas perbedaan besaran asuransi dari setiap perusahaan adalah biaya administrasinya.

Sebelumnya, seperti yang kita tahu, ada dua jenis pertanggungan asuransi mobil, yaitu asuransi mobil All Risk atau Komprehensif dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil All Risk adalah asuransi yang memberikan ganti rugi atas kerugian sebagian atau keseluruhan pada mobil, seperti benturan, kecelakaan, hingga pencurian.

Sedangkan asuransi mobil TLO merupakan perlindungan terhadap risiko kerusakan yang senilai lebih dari 75% harga mobil atau ketika mobil sudah tidak dapat digunakan.

Agar Hemat Bayar Premi Asuransi Mobil

Ada beberapa hal agar anda dapat menghemat besarnya premi asuransi mobil anda, yaitu antara lain:

1. Cari Perbandingan Premi

Bandingkan Beberapa Perusahaan Asuransi Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap perusahaan asuransi memilki perbedaan besaran premi masing-masing. Nah, dari banyaknya variasi tersebut anda bisa membandingkan antara perusahaan satu dengan yang lainnya sehingga anda mendapatkan perusahaan asuransi yang tepat.

Zaman serba canggih seperti sekarang ini untuk membandingkan besarnya Premi tersebut, anda tidak perlu mendatangi perusahaan asuransi untuk menanyakan tentang premi asuransinya, atau anda meminta brosur ke perusahaan tersebut. Anda tidak perlu serepot itu lagi karena anda bisa mengakses situs perusahaan asuransi secara online.

Cukup kunjungi situs pembanding produk keuangan, seperti GoBear Indonesia. Melalui situs GoBear Indonesia, anda juga bisa mendapatkan penawaran asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan anda.

2. Minta Diskon

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang sudah mengatur besaran premi asuransi di Indonesia, namun OJK juga memberikan fasilitas Akuisisi berupa diskon kepada agen asuransi maupun pemegang polis.

OJK memperkenankan perusahaan asuransi untuk memberikan diskon hingga 25% kepada nasabahnya. Hal ini tentu kabar baik bagi anda yang ingin mengansuransikan mobilnya karena dapat meringankan biaya premi.

3. Jangan Menggunakan Aksesoris Yang Tidak Perlu

Biasanya aksesoris tambahan ini sering digunakan oleh kaum muda karena ingin terlihat lebih gaya dan kekinian. Namun sebenarnya penambahan aksesoris seperti velg racing atau sound System akan menambah biaya asuransi.

Jadi pertimbangkan atau perhitungkan biaya asuransi ketika anda akan menggunakan asuransi mobil. Namun jika sudah menggunakan aksesoris tersebut dan anda ingin tetap premi asuransinya murah maka anda tidak perlu menambahkan perlindungan terhadap aksesoris tersebut.

Jika anda tidak mengasuransikan aksesoris mobil anda maka jika terjadi risiko yang menyebabkan rusak atau hilangnya aksesoris terkait, maka risiko tersebut kamu tanggung sepenuhnya sendiri. Dan jika anda ingin menambahkan aksesoris maka anda harus lapor kepada pihak asuransi agar tidak menggunakan klaim asuransi aksesoris tersebut.

4. Tidak Ada Riwayat Catatan Kepolisian

Berkendaralah dengan hati-hati karena jika anda pernah memiliki catatan kepolisian yang buruk seperti sering melanggar rambu-rambu lalu lintas atau anda pernah berurusan dengan hukum karena tersandung kasus kecelakaan. Hal seperti ini akan menyebabkan biaya premi asuransi anda tinggi.

Perusahaan asuransi biasanya akan menetapkan premi asuransi berdasarkan potensi resiko anda berkendara. Kondisi ini menjadi indikator bahwa anda adalah seorang pengemudi yang memiliki resiko tinggi.

5. Gunakan Jaminan Seperlunya

Ketika anda mengklaim perlindungan asuransi maka premi asuransi anda akan semakin mahal. Lalu apakah semakin mahal akan semakin baik? Jawabannya belum tentu karena tidak semua perlindungan anda perlukan.

Misalnya anda berada di lokasi yang tidak pernah terjadi banjir atau dalam 10 tahun terakhir tidak pernah mengalami banjir. Maka anda tidak perlu menambahkan jaminan perluasan banjir. Maka dengan begitu anda bisa menjadi hemat dan premi asuransi anda akan semakin kecil.