Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Helm Agar Mengkilap dan Awet

Helm merupakan salah satu yang wajib digunakan ketika berkendara, baik jaraknya jauh maupun dekat karena untuk keselamatan pengendara , dan tentunya menggunakan helm sudah menjadi aturan lalu lintas sehingga jika tidak anda gunakan maka anda akan di tilang.

Sudah banyak kejadian kecelakaan lalu lintas dimana kepala yang menjadi sasaran empuk aspal karena tidak menggunakan helm. Untuk itu anda harus menggunakan helm yang sudah berstandar nasional Indonesia atau SNI demi keamanan anda.
 

Helm yang digunakan tidak harus mahal, yang terpenting sudah berstandar secara nasional sehingga dapat melindungi kepala anda dengan baik. Jadi anggaplah helm yang anda gunakan seperti barang berharga yang selalu anda rawat dan jaga.

Cara merawat helm agar awet dan Mengkilap cukup mudah, anda hanya perlu mempraktekkan tiga cara berikut ini

1. Jangan Diletakkan Sembarang Tempat

Jika helm anda anggap penting maka jangan pernah anda letakkan di sembarang tempat, baik di rumah maupun di tempat umum.

Jika diletakkan ditempat umum maka mungkin saja akan hilang. Jadi anda bisa meletakkan helm dengan cara dikunci di jok motor atau di atas spion, hal ini agar helm anda tidak mudah jatuh.

Tips agar helm anda tetap aman di rumah maka letakkan di atas meja atau lemari khusus helm, jika anda letakkan secara sembarangan meskipun di rumah bisa saja helm anda akan jatuh dan lecet, bahkan bisa jadi mainan anak-anak.

2. Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan helm secara berkala sangat penting, karena helm barang yang sering digunakan sehingga bisa saja ada keringat kering atau debu baik di busa maupun di kaca sehingga mempengaruhi pandangan anda ketika berkendara.

Bersihkan helm anda seminggu sekali atau satu bulan dua kali, hal ini untuk mencegah kemungkinan jamur atau bahkan semut bersarang di helm anda, apalagi helm tersebut sering dipinjamkan.

Jika helm anda ada bau yang tidak sedap tentu akan mempengaruhi kenyamanan anda ketika berkendara, untuk itu berikan helm secara berkala. Jika anda adalah orang yang malas maka anda bisa menggunakan jasa cuci helm dan anda hanya perlu membayar.

3. Langsung Keringkan Jika Basah

Tidak hanya penggunanya saja yang bisa kehujanan. Tetapi helm juga, sehingga bagian dalam helm basah dan akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan akan tumbuh jamur jika anda biarkan saja.

Agar helm anda cepat kering ketika dijemur dan bisa cepat dipakai, maka anda bisa melepaskan busanya dan jemurlah secara terpisah. Jangan menggunakan helm ketika basah, jika anda akan pergi maka anda bisa meminjam helm terlebih dahulu.