Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Asal Beli Ban bisa Fatal ! Fahami Kode Ban Kadaluarsa Berikut ini

Ketidak tahuan kita tentang kode ban bisa berakibat fatal dijalan. Maka sangat disarankan harus teliti, meskipun kita beli ban baru. Jangan sampai khususnya kita pengemudi kurang jeli hal sepele namun bisa berakibat fatal dijalan.

Banyak orang mengira ban baru berarti baru diproduksi, belum tentu karena dari kode bisa kita ketahui, tahun dan bulan ban yang dijual. Apalagi bagi kita yang beli ban bekas. Sangat perlu memperhatikan usia ban. Jangan sampai ban yang kita beli sudah terlampau jauh tahun pembuatan nya.

Ban yang sudah terlampau jauh tahun pembuatan nya ini beresiko, meskipun kondisi ban baru, atau ban seken yang sudah dipoles. Perhatikan Ilmu ban berikut ini. Para pengemudi mesti faham.
 

Mencermati keadaan akhir akhir ini banyak pengemudi menggunakan jalan tol dan sering mengalami insiden yang tidak diinginkan, seperti oleng dan tergelincir memperhatikan aspek ban dibawah ini:

Perhatikan Kode Ban Kadaluarsa

Contoh kode ban 205/65/R15 94 H
Artinya:
205 Lebar BAN
65 Tinggi BAN
R Ring / Diameter
15 Ukuran Ring
94 Max Beban
H Max 210km / Jam

Perhatikan Kode Tahun Produksi Ban

Perlu dipahami bagi pengendara (Driver) bahwa di Setiap BAN ada 4 angka terlihat di sisi BAN
Contoh : *2214* yang Menunjukkan keluaran BAN ban dari pabrik pada minggu ke 22 tahun 2014

Perhatikan Kode Tempo Pakai (Masa)

Setiap BAN mempunyai tempo / waktu / masa penggunaan ideal 5 tahun. Sejak tanggal dikeluarkan dari pabrik. Jika kita Membeli B̲A̲N̲ ̲B̲A̲R̲U̲ pastikan tahun terkini. Apabila kita akan beli Ban perhatikan kode tahun nya. Jika sudah lewat, maka kita berhak untuk minta Diskon dari harga List sesuai dengan ketentuan.

Contoh diskon ban yang dijual pada akhir tahun 2014:
2013 Potongan Disc 20%
2012 Potongan Disc 40%
2011 Potongan Disc 60%
2010... Jangan dibeli meskipun ditawari diskon 80%

Jika Usia Ban lebih dari 5 Tahun

Usia BAN (BARU) bila sudah lebih dari 5 tahun maka kondisi karet ban sudah keras karena sudah masuk kategori "expired" meskipun belum digunakan. Sangat disarankan jangan dipakai lagi karena bisa membahayakan ketika berada di jalan, Bisa saja ban akan meledak pecah secara tiba-tiba dan menimbulkan kecelakaan.