Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mau Buat Plat Nomor Cantik Kendaraan? Segini Biaya nya Boskuh

Buat kamu yang mau bikin plat nomor cantik untuk kendaraan harus tahu dulu seperti apa syarat dan biaya yang harus dikeluarkan. Memang kalau punya plat cantik rasanya beda kalau pas lagi nyetir bakalan jadi perhatian banyak orang.

Punya pelat cantik bagi sebagian orang adalah identitas, selain itu sebagai angka kesukaan masing-masing. Nah sesuai Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB), ada biaya yang harus dikeluarkan bagi anda yang ingin buat nomor plat cantik tersebut.
 

Biaya tersebut resmi karena langsung disetorkan ke kas negara. Jika kamu ingin memiliki pelat nomor kendaraan pilihan atau plat nomor cantik, Berikut rincian biaya buat plat nomor cantik dan syarat nya:

Biaya bikin Plat Cantik 1 Angka

Biaya bikin Plat Cantik satu angka dan Tidak ada huruf di belakang Rp 20.000.000 dan jika Ada huruf di belakang Rp 15.000.000

Biaya bikin Plat Cantik 2 Angka

Untuk biaya pelat cantik dua angka Tidak ada huruf di belakang biaya nya Rp 15.000.000. sementara yang Ada huruf di belakang Rp 10.000.000.

Biaya bikin Plat Cantik 3 Angka

Biaya buat Pelat Cantik tiga angka, Tidak ada huruf di belakang Rp 10.000.000. dan untuk yang Ada huruf di belakang biaya nya Rp 7.500.000.

Biaya bikin Plat Cantik 4 Angka

Biaya buat Pelat Cantik empat angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 7.500.000. Ada huruf di belakang biaya nya Rp 5.000.000.

Syarat dan Ketentuan Buat Pelat Nomor Cantik Kendaraan

Berdasarkan keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016, 30 Desember 2016, Tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan dijelaskan dalam peraturan tersebut, terdapat enam poin yang mengatur tentang pelat nomor pilihan, dan wajib diketahui oleh seluruh masyarakat. Berikut ketentuannya:
  • Perpanjang NRKB Pilihan dilakukan bersama dengan perpanjang STNK dan jatuh tempo masa berlaku disamakan dengan masa berlaku STNK.
  • Apabila kendaraan bermotor dipindahtangankan sebelum masa berlaku NRKB Pilihan habis, maka sisa masa berlaku akan habis, dan untuk penerbitan STNK yang baru dengan penerbitan NRKB Pilihan yang baru selama lima.
  • NRKB pilihan berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang lima tahun lagi, namun pada kode wilayah yang sama.
  • NTKB pilihan tidak berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor dipindahtangankan kepada pihak lain atau mutasi ke luar wilayah.
  • NRKB pilihan tetap berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor melakukan ubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.
  • Masa berlaku KRKB pilihan tercantum dalam surat keterangan NRKB Pilihan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas terkait.