Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Beli Mobil Baru tapi Kredit Atau Beli Bekas Tapi Cash?

Pilih Kredit Mobil Baru Atau Beli Bekas Tapi Cash? Kredit mobil merupakan pilihan yang paling banyak dilakukan oleh sebagian orang untuk memiliki kendaraan yang baru karena keterbatasan dana.

Alasan orang memilih kredit baru dibandingkan beli bekas tapi cash yaitu karena untuk mengumpulkan uang sebesar harga mobil maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jika dibeli secara kredit tentu dirasa lebih ringan karena dapat dicicil setiap bulannya, namun jika kita hitung kembali maka total harga kredit akan jauh lebih besar dibandingkan cash.
 

Jadi untuk masalah cash atau kredit tergantung kemampuan dan pilihan.

Untuk yang ingin memiliki mobil tetapi tidak ingin dipusingkan oleh tagihan cicilan karena dana juga terbatas, maka anda bisa membeli mobil dengan cara cash meskipun mobil bekas.

Masih bingung diantara dua pilihan? Berikut kami ulas kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk anda jadikan sebagai pertimbangan.

Keuntungan Kredit Mobil Baru


Mobil Mulus

Keuntungan pertama yang pasti anda rasakan adalah kondisi mobil masih mulus dan mesin masih prima karena belum pernah di servis atau ganti Suku cadang.

Mobil Lecet ada Asuransi

Keuntungan kedua adalah, jika mobil tersebut ada kekurangan sedikitpun seperti body ada yang lecet, maka anda bisa mengajukan komplain untuk meminta perbaikan ke dealer tempat anda membeli mobil.

Anda akan diringankan dengan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk servis atau merubah sesuatu karena mobilnya masih fresh.

Selain itu biasanya jika membeli mobil baru anda akan mendapatkan garansi maupun asuransi.

Karena anda membeli mobil baru, maka anda akan mendapatkan servis gratis atau ganti oli sewaktu-waktu. Jadi anda tidak perlu terbebani dengan biaya-biaya. 

Kekurangan Kredit Mobil Baru

Pertama sudah pasti harga mobil baru lebih mahal, hal ini karena anda dimanjakan dengan bebagai fitur serba baru tanpa ada kekurangan. Jadi tidak heran jika DP dan cicilannya pun akan lebih mahal.

Kekurangan selanjutnya ketika anda membeli mobil baru adalah anda tidak bisa langsung membawa mobilnya pulang.

Hal ini karena anda harus menunggu proses administrasi selesai seperti mengurus surat-surat kendaraan. Waktu tunggu sampai proses selesai bisanya hingga 3 minggu. 

Keuntungan Beli Mobil Bekas Tapi Cash

Harga Murah

Sudah pasti harganya lebih murah karena yang namanya mobil bekas sudah pernah dipakai oleh orang lain.

Meskipun harga mobil bekas lebih murah, tetapi masalah kualitas anda tidak perlu ragu, apalagi sekarang ini sudah banyak mobil bekas keluaran baru. Jadi anda tinggal mencari tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya

Tidak Ribet

Kelebihan berikutnya adalah mobil yang anda beli bisa langsung digunakan, karena surat-surat sudah ada semua jadi tinggal dipindah tangankan saja.

Agar proses pembayaran pajak anda lancar maka anda tinggal melakukan balik nama.

Tidak Mumet

Kelebihan yang terakhir adalah anda tidak pusing lagi dengan beban kredit atau cicilan setiap bulannya sehingga anda lebih tenang dalam menggunakan mobil.

Kekurangan Beli Mobil Bekas Cash

Kekurangan beli mobil bekas yang pertama adalah harga jual akan lebih murah, apalagi sekarang ini banyak bermunculan mobil bekas tetapi keluaran yang lebih baru lagi.

Jadi ketika mobil tersebut akan anda jual maka sudah dipastikan harganya akan lebih murah.

Kekurangan yang kedua yang akan anda rasakan adalah biaya perawatan yang ekstra.

Hal ini karena mobil anda sudah pernah dipakai oleh orang lain, dan anda tidak tahu apakah mobil tersebut dirawat dengan baik atau tidak. Jika tidak maka anda akan mengeluarkan biaya yang ekstra untuk perawatan