Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisa Omset usaha Odong-odong per Hari

Buka usaha Odong-odong itu cukup bagus prospek nya apalagi di daerah yang memiliki pusat keramaian seperti taman kota, taman bermain anak, atau lapangan terbuka.

Biasanya usaha Odong-odong akan hadir di pusat keramaian itu, Kalau di daerah biasanya saat musim pasar malam, atau keramaian lainnya.

Terjun di dunia Odong-odong sepertinya kita perlu tahu analisa pemasukan atau omset usaha Odong-odong ini supaya kita bisa semangat.

Analisa Omset Usaha Odong-odong

Jika anda berminat Usaha Odong-odong bisa memilih jenis Odong-odong kereta panggung / Odong-odong listrik atau Jenis Odong-odong kereta motor / mobil.

Hampir semua lini usaha menghitung atau mengkalkulasi pemasukan, Kalau kita usaha Odong-odong maka persentase omset yang akan kita dapatkan adalah sebagai berikut.

1. Omset usaha Odong-odong Kereta Listrik
 
Odong-odong kereta Panggung. Tenaga penggerak nya adalah listrik
Umumnya Odong-odong listrik (kereta panggung) Berupa mobil atau motor kecil dengan berjenjang dengan jumlah 10 set berputar ditempat (rel) yang sudah disediakan. Jenis Odong-odong listrik ini khusus anak kecil 2 tahun kebawah.

Tarif sekali naik umumnya Rp 10.000 Biasanya dibatasi 5 - 10 menit. Jadi kalau penuh sekali berputar Maka omsetnya Adalah 100rb (Per periode)

Kalau per hari kita asumsikan saja 50 anak yang naik maka persentase nya adalah
50x100rb = Rp 500.000 / per hari
Biaya Listrik 100rb
Akomodasi Rp 100rb
Penghasilan Bersih Rp 300.000 / hari
Kalau sebulan berarti Rp 9 juta.

Itu Hitungan kalau ramai. Kita terapkan saja hukum peluang, Kita ambil persentase 50% saja dari Rp 9 jt. Maka kemungkinan besar penghasilan bersih kita Rp 4,5 juta per bulan. Ini asumsi jika tidak ramai.

2. Omset Usaha Odong-odong Kereta Motor
 
Odong-odong kereta motor / mobil. Tenaga penggerak nya adalah motor atau mobil
Sebagian besar Odong-odong kereta motor / mobil memiliki jumlah bangku lebih banyak dibandingkan kereta panggung listrik. Kita sering menjumpai Odong-odong motor banyak sekali kursi mirip seperti kereta.

Umumnya jumlah kursi Odong-odong kereta motor berjumlah 20 kursi Dan untuk tarif sekali putaran Rp 5.000 / anak. Mari kita ulas analisa omset nya.

Kalau sehari dapat tumpangan sebanyak 50 anak berarti omsetnya adalah:
50.000 x 50 = Rp 250.000
Bensin 50 rb
Akomodasi 50rb
Pemasukan Bersih Rp 150.000
Sebulan Rp 4.500.000

Asumsi omset usah Odong-odong diatas sangat akurat. Tinggal kita menentukan Realita pasar (Pelanggan). Untuk analisa ini supaya hitungan kita tidak meleset omsetnya. Poin utama penentu target omset usaha Odong-odong kita adalah:

Berapa Jumlah Set Odong-odong kita?
Seberapa Ramai Anak potensial yang bisa naik odong-odong?
Jenis Odong-odong kita seperti apa?

Jika poin tersebut bisa dijawab, Maka menentukan analisa omset usaha Odong-odong kita sangat akurat. Anda mesti mencari Lokasi yang paling potensial di daerah anda.

Usaha Odong-odong sangat bagus prospeknya karena Odong-odong sangat disukai oleh anak-anak. Kalau di taman kota biasanya anak-anak akan meminta kepada orang tuanya untuk naik odong-odong.