Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tanda-Tanda Busi Mobil Harus Diganti

Busi merupakan komponen penting dalam sebuah mobil, jika busi bermasalah maka anda akan mengalami banyak masalah seperti mesin mobil susah untuk di hidupkan atau mesin jadi tidak seimbang.

Oleh karena itu, agar anda merasa aman dan nyaman maka pemilik kendaraan harus mengetahui tanda-tanda busi mobil harus diganti.

Jadi anda sebagai pemilik kendaraan tidak harus ke bengkel untuk mengecek masalah pada mobil anda.

Ada 3 cara mengenali busi harus diganti yang tentu sangat mudah agar anda cepat mengenali penyebab kendaraan anda bermasalah. Sebab jika dibiarkan maka akan berdampak pada komponen mesin lainnya.
 

Cara pertama adalah bisa anda rasakan ketika mobil dalam keadaan hidup atau mati. Jika busi bermasalah maka putaran mesin tidak halus sehingga anda akan merasakan getaran mobil yang tidak biasa, kemudian ketika tuas gas di tarik maka akan terasa berat.

Kemudian, ketika mobil berjalan, busi yang bermasalah akan menyebabkan akselerasi menjadi tidak maksimal atau seperti ada yang menghambat.

Kalau sudah merasakan hal itu, jangan pernah mesin mobil dengan cara bejek gas secara penuh, karena berpotensi membuat mogok. Jadi jika anda sudah merasakan tanda ini maka segera ganti busi kendaraan anda.

Cara ketiga adalah dapat dilihat dari warna busi itu sendiri, jika warna busi sudah kecoklatan, maka hal itu menandakan bahwa masa penggunaannya sudah hampir habis dan sebaiknya segera diganti diganti.

Sementara jika busi berwarna kemerahan atau kuning, maka hal itu menandakan mesin mobil mengalami pemanasan berlebihan. Sehingga anda harus mengecek bagian pendingin. Kalau busi berwarna hitam, berarti ada yang salah dari setelan bahan bakar.