Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Penyebab Temperatur Mobil Naik

Naiknya temperatur pada mobil sering kali membuat kita panik, apalagi hal tersebut baru pertama kali kita alami dan tidak diketahui apa penyebabnya.

Secara umum naiknya temperatur pada mobil disebabkan oleh usia mobil itu sendiri. Semakin tua mobil maka temperatur naik akan semakin sering terjadi.

Namun perlu anda ingat juga bahwa naiknya temperatur juga bisa terjadi pada mobil baru. Berikut adalah penyebab naiknya temperatur pada mobil.

1. Karena Oli

Seperti kita ketahui bahwa oli merupakan pelumas yang berfungsi untuk menjaga mesin agar berjalan mulus tanpa gangguan. Selain menjadi pelumas, oli juga berfungsi sebagai pendinginan dan penyekat di dalam ruang mesin.

Salah memilih oli menjadi salah satu penyebab temperatur mobil naik, hal ini karena oli yang anda gunakan tidak memiliki kualitas yang baik sehingga tidak tahan terhadap panas mesin mobil dan menyebabkan mesin cepat menguap.

Masih berkaitan dengan oli, naiknya temperatur mobil karena adanya kebocoran pada wadah atau selang oli sehingga mengakibatkan berkurangnya oli di dalam ruang mesin sehingga proses pelumasan tidak terjadi.

2. Radiator
Mengatasi temperatur mobil panas
Radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu dan temperatur air di dalam mesin agar mesin dapat bekerja normal.

Jadi jika radiator ini sudah tidak berjalan dengan maksimal maka akan menyebabkan temperatur mobil naik.

3. Kipas Tidak Bekerja

Temperatur mobil naik juga dapat disebabkan oleh kipas yang tidak bekerja secara maksimal, kipas radiator yang melemah atau bahkan rusak akan membuat temperatur naik secara drastis. 

4. Air Radiator Habis

Air radiator habis adalah masalah yang paling sering kita jumpai, hal ini karena memang pemilik mobil tidak pernah melakukan  pengecekan secara berkala.

Air radiator (coolant) bisa habis karena penguapan akibat suhu mesin yang panas. Atau, terdapat kebocoran pada sistem sirkulasi radiator

5. Masalah Pada Tali Kipas

Jika tali kipas ini bermasalah maka maka pengaturan suhunya menjadi tidak maksimal sehingga menyebabkan temperatur mobil menjadi naik.

Naiknya temperatur mobil dapat menyebabkan beberapa hal seperti freon AC juga bisa-bisa terkuras habis karena suhu temperatur mobil naik yang tidak pada batas wajarnya.

6. Radiator Bocor

Radiator bocor dapat disebabkan oleh korosi pada kisi-kisi radiator, hal ini terjadi karena radiator todak diisi dengan air radiator sehingga kandungan oksigen dalam air bertemu dengan logam dan terjadilah reaksi kimia yang mengakibatkan korosi.