Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Memilih Tempat Gadai BPKB Yang Terpercaya dan Mudah Cair

BPKB merupakan salah satu barang yang dapat menghasilkan uang dengan cepat, sehingga tidak heran bagi mereka yang sedang membutuhkan uang memilih untuk menggadaikan BPKB mobil.

Sebenarnya memang banyak tempat untuk menggadaikan BPKB mobil, namun justru banyak tempat seperti ini anda harus pintar-pintar memilih tempat gadai karena sudah banyak kasus penipuan dengan kedok tempat pegadaian.

Jadi sebelum anda menggadaikan BPKB mobil anda, lebih baik anda simak tips berikut ini yang mungkin akan membantu anda sehingga tempat yang anda pilih aman dari penyelewengan.
 
Tips mencari tempat gadai BPKB

1. Memiliki Lisensi

Lisensi ini sangat penting untuk anda cek, karena tidak semua lembaga dapat memiliki lisensi yang dikeluarkan oleh jasa keuangan.

Secara umum, ada dua jenis lisensi yang ada di Indonesia yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Jadi jika lembaga yang anda pilih sudah terdaftar maka sudah dapat dipastikan lembaga tersebut memang aman. Untuk melihat lembaga terdaftar atau tidak di OJK atau di APPI maka anda bisa melihat langsung di website OJK atau APPI.

2. Memiliki Reputasi Yang Bagus

Masalah reputasi ini sangatlah penting, karena dari reputasi ini anda sidah dapat menilai apakah lembaga pembiayaan tersebut aman dan terpercaya atau tidak.

Anda bisa melihat masalah reputasi ini dari ulasan nasabah yang ada di google pada website lembaga tersebut.

Indikator apakah lembaga pembiayaan tersebut aman dan terpercaya tentunya memiliki banyak nasabah Dan memiliki reputasi yang bagus. Dengan demikian tentunya anda tidak akan was-was ketika menggadaikan BPKB anda.

3. Memiliki Banyak Cabang

Banyaknya cabang yang dimiliki suatu lembaga pembiayaan menandakan bahwa lembaga pembiayaan tersebut memiliki kinerja yang bagus selama melayani nasabah.

Sebab, jumlah cabang menjadi salah satu indikator keseriusan suatu lembaga usaha untuk menjalankan usahanya.

Selain itu, tempat gadai yang memiliki banyak cabang akan membuat Anda semakin mudah ketika harus mengurus sesuatu yang berkaitan dengan kredit Anda. Termasuk ketika kredit berakhir, Anda akan mudah mengambil barang jaminan BPKB mobil.

4. Rekening Atas Nama Perusahaan Pembiyaan

Jika anda menemukan pembiayaan yang nomor rekeningnya menggunakan nama pribadi, lebih baik anda tidak menggadaikan BPKB di perusahaan tersebut.

Karena jika perusahaan tersebut memang serius dan tidak ada penyelewengan dikemudian hari maka rekening akan atas nama perusahaan.

5. Segi Layanan

Suatu perusahaan pembiayaan harus memiliki layanan prima, artinya selalu mengutamakan kepentingan nasabah.

Tahukah anda bahwa semakin prima layanan suatu perusahaan maka dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut semakin profesional.

6. Memberikan Kemudahan Dalam Pembayaran

Jika lembaga pembiayaan tersebut profesional dan terpercaya maka akan banyak kemudahan yang diberikan salah satunya dalam hal pembayaran.

Lembaga pembiayaan yang memberikan kemudahan dalam pembayaran ciri-cirinya adalah memiliki banyak fasilitas untuk pembayaran angsuran, misalnya bisa melalui teller, ATM, transfer antar bank, internet banking, autodebet, dan sebagainya.