Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Sukses Terjun di Usaha Angkutan Truk / Sewa Truk

Percepatan teknologi membuat manusia mudah berpindah dari tempat yang satu ketempat yang lainnya. Termasuk mobilitas perpindahan barang, akses jalan yang semakin baik dan diperbaharui termasuk pembaharuan jalan Tol membuat akses keluar masuk antar provinsi antar daerah antar wilayah menjadi semakin mudah.

Pemenuhan kebutuhan penduduk di seluruh wilayah Indonesia, sudah dapat dijangkau dengan berbagai akses laut, darat, maupun udara.

Tentu ini peluang bisnis bagi yang menjiwai, dan dapat dimanfaatkan untuk usaha jasa pengirim barang atau usaha ekspedisi sewa truk. Hal ini sangat menguntungkan karena jarak bukan lagi masalah untuk menjalankan usaha ini.

Menjamurnya kegiatan belanja on line disebabkan karena harga yang lebih murah, diskon besar besaran, serta memiliki variaan pilihan yang banyak.
Foto angkutantruk.com
Fenomena maraknya belanja online di seluruh penjuru menjadi peluang bisnis tersendiri yaitu peluang bisnis jasa ekspedisi atau pengirman barang menggunanakan truk.

Fakta nya, saat ini Mobilitas barang yang tinggi antar daerah dikirimkan menggunakan truk, truk memiliki muatan yang besar, dapat mengatur pengiriman dengan bebas, bisa untuk pengiriman yang panjang, melancarkan arus suply barang, biaya operasional lebih terjangkau, dan terdapat asuransi pengiriman barang.

Jika kita ingin menekuni jasa ekspedisi truk atau jasa angkutan truk ini sebaiknya perhatikan beberapa tips sukses usaha ekspedisi truk berikut ini:

1. Tentukan Jenis Ekspedisi dan Koneksi

Jenis ekspedisi truk yang bisa anda pilih itu beragam, bisa antar kota, antar provinsi, atau bahkan antar pulau. Untuk terjun di ekspedisi truk harus menentukan seberapa luas jaringan (Koneksi) yang Anda bangun.

2. Spesifikasi Armada

Armada sangat mempengaruhi jasa Ekspedisi ini, hal ini karena akan berpengaruh pada banyaknya jumlah barang bawaan yang akan mengantarkan ke tempat tujuan.

Spesfikasi Armada angkutan anda bisa berupa Motor, Truk Pick Up, Truk Engkel, Truk SDC, Truk Wing Box, Truk Tronton, dll. Jenis dan model Truk digunakan sesusai dengan kebutuhan pengiriman barang

3. Mengurus Surat Perijinan

Sebelum memulai usaha jenis apapun kita harus memiliki sebuah surat perijinan, sehingga usaha yang kita jalani adalah usaha yang legal dan diakui pemerintah.

4. Merekrut Pengemudi

Untuk pengiriman barang dalam jumlah dan waktu yang cukup lama, sebaiknya kita merekrut pengemudi yang benar-benar sudah ahli dalam hal berkendara, menghitung berapa jumlah pengemudi yang kira kira dibutuhkan.

5. Kerjasama dengan Asuransi Kesehatan dan Pengiriman Barang.

Ekspedisi pengirman barang beresiko sangat tinggi, maka dari itu sebaiknya kita bekerjasama dengan pihak asuransi. Ikuti prosedur sesuai dinas terkait.

6. Menentukan Tarif

Sebelum memulai usaha ini harus sudah menentukan harga pengiriman, harga pengiriman haruslah mampu bersaing dengan jenis wahana pengiriman yang lainnya, agar peminat ekspedisi truk meningkat.