Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara merawat mobil yang jarang Dipakai

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang menjadi sarana untuk berpergian baik jarak dekat maupun jarak jauh, dalam menggunakan mobil tentu harus dilakukan dengan kehati-hatian supaya tidak menimbulkan kerusakan ketika sedang dipakai berkendara.

Jika mobil hanya disimpan di garasi tanpa ada perawatan tentu hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada mobil, maka dalam perawatan terhadap mobil yang jarang dipakai sangat penting, berikut cara merawat mobil yang jarang digunakan:

1. Jagalah kebersihan eksterior

Ketika mobil jarang digunakan perhatian body luar mobil seperti kondisi cat mobil dan bersihkan supaya tidak terdapat jamur terutama di bagian kaca.

2. Jagalah kebersihan interior

Ketika sedang asyik berkendara mungkin kita tidak sadar membuang sampah sembarang seperti bungkus permen atau struk belanja, dll ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan di dalam mobil, bahkan sampah yang tertinggal di dalam mobil dapat menimbulkan aroma tidak sedap dan bersarangnya virus serta jamur.

3. Memeriksa oli mobil
Tips Merawat Mobil yang Jarang dipakai
Meskipun mobil jarang digunakan tetap kita jangan mengabaikan oli mobil, cek oli mobil apakah mencukupi atau sudah waktunya diganti atau belum, oli kotor dapat menimbulkan berbagai Masalah pada mobil.

4. Mengisi angin pada ban mobil

Angin pada ban mobil yang terlalu lama tidak digunakan dapat berkurang karena terdapat tekanan dari mobil tersebut, maka perhatikanlah kondisi ban mobil, pastikan ketika mobil akan digunakan aman ya.

5. Mengisi bahan bakar

Tidak menutup kemungkinan mobil yang telah digunakan mengalami pengurangan pada bahan bakar, jika kita telah memutuskan mobil akan di offline kan sementara maka isi penuh tank bensin supaya tidak terdapat celah pada bagian tank yang bisa menimbulkan udara hal ini berdampak tidak baik terhadap mesin mobil.

6. Panaskan mesin mobil

Walaupun mobil jarang digunakan tetap harus dinyalakan ya untuk memanaskan mesinnya.

7. Perhatian keamanan mobil

Meskipun mobil jarang digunakan tetap periksa apakah aman atau tidak dari tindak kejahatan.

Demikian cara merawat mobil yang jarang dipakai, sesekali Anda perlu untuk menggunakan mobil tersebut berkeliling halaman rumah untuk mengetahui apakah ada kerusakan di dalam mesin tersebut sebelum anda berpergian jauh.