Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memilih ban Mobil bekas agar tak Tertipu

Ban merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan. Saat ban mobil sudah gundul kita dituntut untuk segera mengganti yang baru.

Kalau lagi tidak punya uang bisa beli ban mobil bekas yang masih bagus. Tapi dalam membeli ban mobil bekas perlu teliti. Untuk itu anda harus berhati-hati ketika akan membeli ban bekas.

Beli ban mobil bekas adalah hal biasa karena Harga ban mobil yang baru memang terbilang cukup mahal, sehingga banyak sekali toko-toko yang menjual ban bekas dengan kualitas masih oke karena memang masih banyak permintaan konsumen.

Memang tidak ada salahnya membeli ban bekas, apalagi jika mobil anda harus ganti ban sedangkan keuangan anda sudah menepis, maka tidak ada salahnya ban bekas menjadi pilihan. 

Tapi harus ingat bahwa membeli ban bekas haruslah berhati-hati agar ban yang anda beli masih oke dan sesuai.
Cara Memilih Ban Mobil Bekas (foto fastnlow.net)

Cara Memilih Ban Mobil Bekas

Masalah harga tentu ban bekas lebih murah, namun bisa jadi kualitasnya tidak murahan. Berikut adalah tips cara memilih ban bekas untuk kamu yang masih keadaan low budget.

1. Perhatikan Tampilan Fisik Ban

Melihat fisik ban tentu anda harus teliti, anda harus melihat betul serat atau alurnya. Anda harus melihat apakah ban tersebut seratnya sudah ada yang rusak atau tidak. Karena ban yang seratnya sudah menipis maka ketika diisi angin menjadi tidak seimbang.

Selain itu, ban bekas yang seratnya sudah menipis akan menyebabkan ketidak seimbangan ketika anda melalukan perjalanan yang licin atau jalan yang berbukit.

2. Perhatikan Struktur Ban

Struktur utama pada ban terdiri atas belt yang disusun oleh jaringan serat kawat. Belt tersebut menjaga bentuk ban agar tetap bulat dan bisa bergulir dengan mulus.

Ban yang strukturnya berubah atau tidak seperti aslinya lagi disebut ban sipa. Jadi jika anda mencoba ban tersebut rasanya ada yang aneh, lebih baik anda tidak jadi membelinya.

3. Ban Rekondisi

Ini adalah hal penting yang harus anda perhatikan. Ban rekondisi bisa saja dijual karena penjualnya ingin mendapatkan keuntungan yang lebih.

Ban rekondisi adalah jenis ban yang sudah gundul yang seharusnya tidak digunakan lagi tetapi karena rekondisi maka mereka memperbaiki alurnya kembali.

Akibat dari menggunakan ban rekondisi ini adalah ban cepat meletus. Untuk mengenali ban rekondisi ini maka garisnya tidak menyatu seperti cetakan ban keluaran pabrik, dan ban tersebut tidak panas seperti ban normal pada umumnya.

4. Lihat Umur Ban

Jangan lupa memastikan umur ban yang akan anda beli. Umur ban biasanya bisa anda lihat di dinding ban itu sendiri dalam bentuk kode. Ban memiliki batas kadaluarsa yaitu 3 tahun sejak ban itu di produksi.