Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menghilangkan Lem Stiker Membandel

Tanpa disadari kita seringkali menggunakan stiker seperti di mobil atau motor. Namun tanpa disadari ketika stiker tersebut dilepas maka lemnya tidak hilang. 

Terkadang kita menggunakan alat yang tajam seperti silet atau pisau untuk membersihkan lem stiker, namun hasilnya justru body mobil atau motor ikut tergores.

Sebenarnya membersihkan lem stiker ini sangatlah mudah dan tidak membutuhkan tenaga yang ekstra. Berikut adalah bahan dan cara untuk membersihkan lem stiker.

1. Minyak Kayu Putih
Cara bersihkan lem stiker
Bahan yang satu ini pasti dimiliki oleh semua orang karena biasanya dimanfaatkan untuk menghangatkan badan dan tentunya minyak kayu putih ini sangat mudah untuk ditemukan. 

Cara menggunakan minyak kayu putih ini untuk menghilangkan lem tentu sangat mudah, caranya dengan menuangkan minyak kayu putih ke permukaan lem stiker lalu tunggu hingga 30 detik atau 1 menit.

Setelah minyak kayu putih meresap anda tinggal menggosok dengan menggunakan jari, kuku atau kain kering. Setelah semua lem hilang anda tinggal mengelap bekas minyak kayu putih dengan menggunakan kain basah agar lebih bersih.

2. Tisu Basah

Membersihkan lem stiker dengan menggunakan tisu basah adalah cara yang paling simpel, namun perlu diingat bahwa tidak semua tisu basah dapat digunakan untuk membersihkan lem.

Cara menggunakan tisu basah ini juga sangat mudah hanya dengan menggosokkan pada bagian lem hingga beberapa kali sampai lem bekas stiker benar-benar bersih

3. Pakai Cuka

Cuka memang sudah terkenal dengan manfaatnya menghilangkan noda, termasuk lem bekas stiker. Menggunakan cuka untuk membersihkan lem stiker sangat mudah, anda hanya tinggal menyiapkan kain kering lalu tuangkan cuka secukupnya pada kain lalu gosokan pada lem stiker tersebut. Setelah selesai jangan lupa untuk mengelap lagi dengan kain lainnya agar belas juga todak ada yang tertinggal.

4. Aseton

Bahan kimia yang satu ini tentu sudah banyak diketahui karena cukup efektif untuk menghilangkan bekas lem stiker.

Menggunakan aseton untuk menghilangkan bekas stiker cukup mudah. Caranya, dengan menuangkan cairan aseton ke kapas, lalu oleskan ke seluruh bekas stiker yang akan dihilangkan.

Jika seluruh bekas lem pada stiker sudah diolesi dengan cairan aseton, selanjutnya gosok bekas stiker dengan kain bersih hingga bekas lem menghilang.