Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Asal! Begini Cara Mematikan Mesin Mobil Dengan Benar

Tidak sedikit para pengguna mobil sering kali menganggap remeh ketika mematikan mobil. Padahal ketika akan mematikan mobil harus dengan cara yang benar agar menjaga mobil tetap dalam kondisi yang selalu prima. 

Kebanyakan orang mematikan mobil asal mati saja, seperti menggeber-geber gas atau bahkan mobil belum posisi netral sudah dimatikan. Melalukan kebiasaan seperti ini akan berdampak buruk pada terhadap kendaraan anda sendiri.

Meskipun hal ini dianggap sepele namun jangan dijadikan kebiasaan. Berikut adalah cara mematikan mesin mobil dengan benar

1. Tuas Perseneling Harus Pas
Jangan asal matikan mesin mobil
Jika anda menggunakan mobil manual maka pastikan tuas pada posisi netral atau N. Sedangkan untuk mobil matic pastikan tuas pada posisi P. Jika tuas ini tidak pada posisinya maka dikhawatirkan mobil akan melompat atau berjalan dengan sendirinya.

Bahkan pada mobil matic, tuas yang tidak terpasang pada posisi P akan menyulitkan Anda mencabut kunci dari slot. Jika transmisi berada pada posisi yang tepat, maka mobil bisa dihidupkan kembali dengan aman.

2. Perhatikan Rem Tangan

Pada mobil transmisi manual menarik rem tangan sangat penting karena untuk mencegah mobil berjalan sendiri. Apalagi jika anda parkir di tempat yang miring maka menarik rem tangan ini wajib anda lakukan.

3. Matikan Semua Fitur

Karena anda akan mematikan mobil, yang artinya anda tidak akan menggunakan fitur-fitur elektronik seperti radio, AC, lampu, deffoger dan lainnya.

Untuk itu sebelum mematikan mesin maka terlebih dahulu mematikan semua fitur tersebut agar tidak kehabisan pasokan listrik.

Selain itu, kompresor pada AC dan alternator pun bakal tahan lebih lama. Pasalnya, dibandingkan yang lain, kedua komponen ini mengkonsumsi listrik lebih banyak.

4. Tunggu Sampai Putaran Mesin Stabil

Sebelum mematikan mesin lebih baik anda menunggu mesin berada pada putaran stationer atau dalam keadaan stabil untuk membantu memastikan agar mesin benar-benar berada dalam kondisi normal tanpa beban.

Jika anda memaksakan mematikan mesin ketika masih dalam putaran yang tinggi maka akan menyebabkan kerusakan mesin lebih cepat.

5. Matikan Mesin

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan untuk mematikan mesin mobil dengan memutar kunci kontak sampai berada tepat di posisi OFF dan cabut kunci tersebut.

Atau injak rem dan tekan tombol STOP hingga mesin mati pada mobil yang sudah mengadopsi tombol START/STOP untuk menghidupkan dan mematikan mesin.