Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 10 Jenis-jenis truk dan gambarnya

Kali ini kita akan mengulas tentang jenis-jenis truk beserta gambar nya. Buat kamu yang mau memiliki kendaraan truk untuk bisnis boleh pilih beberapa contoh yang akan ulas dibawah ini.

Kendaraan Truk merupakan salah satu jenis angkutan yang sangat dibutuhkan dalam usaha skala pribadi maupun coorporate.

Truk sudah lazim digunakan untuk angkutan barang. Dan kehadiran truk mampu mendongkrak roda perputaran usaha maupun logistik Di Indonesia.

Pada dasarnya jenis truk yang umum kita jumpai hampir mirip, dan masyarakat umum hanya tahu nya truk kecil (engkel) dan truk besar (fuso).

10 Jenis Truk dan Gambar nya

Seperti kita ketahui truk mempunyai ragam jenis sesuai fungsi dan kegunaan nya. Jenis-jenis truk yang dikenal dalam dunia lintasan seperti truk engkel, truk pick up, truk fuso, truk tronton, truk trintin dan juga istilah-istilah lainnya.

Dari jenis-jenis tersebut, tentunya tidak sedikit orang yang masih merasa bingung dengan penamaan tersebut. Lalu apa sih yang membedakan dari jenis-jenis truk tersebut? Mari kita ulas setidaknya ada 10 jenis-jenis truk beserta gambar nya dibawah ini.

1. Jenis Truk Engkel (Colt Diesel)
Gambar truk jenis engkel (foto otosia.com)
Truk colt diesel engkel atau lazimnya disebut truk engkel. Jenis truk ini memiliki kapasitas 5 ton dengan 2 sumbu roda dibagian depan dan 2 roda belakang.

2. Jenis Truk Double (Colt Diesel) 
Gambar truk jenis Double
Truk colt diesel double seringkali disebut truk double. Truk jenis ini sedikit lebih bongsor dibandingkan truk engkel. Kapasitas muatan nya juga lebih besar yakni 6 ton. Dan bagian roda bagian belakang nya double yaitu berjumlah 4 roda.

Sementara untuk jumlah sumbu yang digunakannya masih tetap sama yakni 2 sumbu namun pada masing-masing sumbu roda belakang menopang 2 roda.

3. Jenis Truk Fuso 
Gambar truk jenis Fuso (foto oto.com) 
Jenis fuso hampir tidak ada bedanya dengan truk double hanya saja daya muat truk fuso lebih besar yaitu mampu memuat 7 sampai 8 ton. Dari segi bak juga lebih panjang ketimbang truk double.

4. Jenis Truk Trailer 
Gambar truk jenis Trailer (Foto ijltrans.com)
Jenis truk ini umumnya dimiliki oleh perusahaan sekala besar. Kapasitas truk jenis trailer cukup besar sekali angkut muatannya bisa mencapai 20 sampai 60 ton.

Truk trailer dibedakan atas 20 feet terdiri dari 4 sampai 5 sumbu. Sedangkan untuk truk trailer jenis 40 feet jumlah sumbu roda 6. Sedangkan jumlah roda 16 sampai 24 buah roda.

5. Jenis Truk Kontainer 
Gambar truk jenis Kontainer (foto youtube)
Jenis truk kontainer sebetulnya adalah jenis trailer hanya saja disebut truk kontainer ketika truk trailer mengangkut peti kemas.

Jika truk trailer membawa peti kemas maka disebut lah truk kontainer. Keduanya tak terpisahkan hanya beda penyebutan.

6. Jenis Truk Wingbox
Gambar truk jenis Wingbox (foto deliveree.com)
Truk jenis wingbox terbilang jarang kita jumpai, truk jenis ini hanya perusahaan tertentu yang memiliki.

Dikatakan truk wingbox karena di ketiga sisi yakni sisi kanan, kiri, dan belakangnya bisa dibuka secara bersamaan. Dan untuk truk Wingbox hanya memiliki 2 sumbu dengan komposisi sama seperti truk tronton.

7. Jenis Truk Tronton 
Gambar truk jenis Tronton
Truk Tronton adalah jenis truk yang memiliki 3 sumbu roda yang terbagi 1 sumbu roda di bagian depan dan 2 sumbu roda di bagian belakang.

Untuk kapasitas muatan truk jenis tronton mampu mengangkut 10 sampai 20 ton. Truk tronton memiliki ban berjumlah 10 buah, 2 di bagian depan dan 8 di bagian belakang.

8. Jenis Truk Trintin 
Gambar truk jenis Trintin
Jenis truk Trintin sekilas sama dengan truk tronton hanya saja Truk Trintin mampu memuat angkutan 20 sampai 30 ton.

Dan pada bagian sumbu roda tengah Truk Trintin dibekali power Streering tipe FWS (Four Wheel Steering) sehingga 4 roda depan dan Tengah bisa di belokan.

9. Jenis Truk Trinton 
Gambar truk jenis Trinton (foto otoflix.com) 
Jenis truk Trinton punya kapasitas muatan yang lebih besar mencapai 30 sampai dengan 40 ton. Memiliki 4 buat sumbu roda yang terbagi dua yaitu 2 sumbu roda depan dengan fitur FWS. Dan 2 sumbu roda di bagian belakang yang letakan hampir berdekatan.

Truk jenis ini memiliki jumlah roda sebanyak 12 buah. 8 buah roda terdapat di bagian belakang dan 4 buah terdapat di bagian depan yang sama-sama ditopang oleh 2 sumbu atau poros.

10. Jenis Truk Pick UpUp 
Gambar truk jenis Pickup
Truk pickup adalah jenis paling kecil, karena kecil sering disebut mobil pickup. Untuk muatannya hanya 1 ton dan tidak lebih dari 2 ton maksimal.

Pick up hanya memiliki kapasitas atau volume maksimal 1 CBM ada juga jenis pick up yang memiliki volume hingga 6 CBM namun jenis bak yang digunakan lebih besar daripada 1 CBM.

Itulah penjelasan singkat tentang jenis-jenis truk dan gambar sebagai informasi untuk kita bersama. Jika anda berencana membeli truk untuk usaha atau bisnis bisa pilih pickup atau engkel double.