Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Kerusakan Mobil Dari Warna Asap Knalpot

Memiliki kendaraan mobil memang harus peka terhadap kode-kode kerusakan yang terjadi pada mobil kita. Salah satunya adalah perubahan warna asap knalpot. Pernah mengalami knalpot mobil keluar asap putih? Atau knalpot bau dan keluar oli? 

Jika selama ini yang anda ketahui kerusakan mobil dari suara atau getaran mesin yang berbeda, tetapi ternyata dari asap knalpot juga bisa anda deteksi kerusakannya, beda warna asap maka akan berbeda pula kerusakannya.

Deteksi kerusakan dari warna asap knalpot memang belum banyak yang tau, apalagi bagi mereka yang hanya mengetahui dua warna asap saja yaitu berwarna hitam dan putih. Namun sebenarnya jika anda mengamati secara umum, ternyata ada warna lainnya. Berikut penjelasannya:

1. Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam
Knalpot mobil keluar asap hitam
Warna asap hitam ini memang sering kita lihat, jadi Jika asap kendaraan anda berwarna hitam, maka anda bisa mendeteksinya bahwa mobil anda mengalami masalah pada sistem pembakarannya.

Masalah pada sistem pembakaran ini bisa terjadi karena Bahan bakar yang ter sirkulasi terlalu banyak dan juga tidak terbakar sempurna.

2. Knalpot Mobil Warna Putih
Knalpot keluar asap Putih
Warna asap putih ini juga sering sekali kita jumpai, dan ada dua kemungkinan yang mengindikasikan bahwa mobil anda sedang dalam masalah yang bisa anda lihat dari ketebalan asap tersebut.

Pertama, jika asap warna putih tersebut masih terlihat tipis atau biasa saja anda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir karena bukan masalah yang terlalu serius. Asap putih tipis ini berarti ada masalah pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot mobil anda.

Kedua, jika asap putih yang keluar dari mobil anda terlihat tebal atau pekat maka hal tersebut menandakan bahwa ada masalah pada sistem pembakaran dari mobil tersebut, yang bisa diakibatkan karena masuknya oli ke dalam ruang pembakaran.

3. Knalpot Mobil Warna Abu-Abu
Knalpot mobil keluar asap abu abu
Sama halnya dengan warna sebelumnya, warna abu-abu juga menjadi suatu kode bahwa mobil sedang dalam masalah, karena mobil yang baik-baik saja maka asap knalpotnya tidak berwarna.

Asap berwarna abu-abu yang keluar dari knalpot mobil matic menandakan adanya kerusakan pada oli transmisi. Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes.

Sedangkan mobil pada umumnya, warna asap knalpot abu-abu menandakan adanya kerusakan pada katup positive crankcase ventilation (PCV).

4. Knalpot Mobil Warna Kebiru-Biruan
Knalpot mobil keluar asap Biru
Apakah anda salah satu yang mengalami asap knalpot yang Kebiru-biruan? Jika iya maka mobil anda juga sedang mengalami masalah karena ada oli yang ikut terbakar di dalam mobil mesin Anda.

Penyebab lain dari keluarnya asap dengan warna kebiruan ini, bisa juga karena kerusakan pada ring piston yang aus sehingga oli jadi bocor, blower turbo yang sudah lama dan harus diganti, serta terjadinya blown.