Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mobil Susah Distarter Tidak Mau hidup? Cek 5 Penyebab dan Solusinya

Kalau mobil susah di starter biasanya disebabkan karena sudah lama dihidupkan atau umumnya disebabkan oleh aku tekor. 

Selain aki, penyebab mobil susah distarter adalah karena ada komponen lain yang bermasalah.

Namun selama ini banyak orang yang mengira bahwa ketika mobil susah untuk dihidupkan maka yang disalahkan adalah akinya, padahal aki masih sangat bagus.

Bagi anda yang mengalami hal ini maka lebih baik anda segera membawa mobil ke bengkel sebelum masalahnya bertambah parah.

Namun meskipun ada banyak bengkel yang bisa menangani hal tersebut, tetapi anda juga sebagai pemilik kendaraan harus mengetahui berbagai penyebab mengapa mobil anda susah distarter.
 
Penyebab mobil susah starter

Berikut 4 Penyebab dan Solusi Mobil Susah di Stater

1. Busi Bermasalah

Busi adalah salah satu komponen penting agar mesin mobil dapat hidup. Jadi jika starter bermasalah maka anda bisa cek businya.

Masalah pada busi biasanya karena busi kotor atau busi sudah lama tidak anda ganti.

Busi yang kotor akan menghambat percikan bunga api yang dibutuhkan ketika mobil distarter.

Jadi jika mobil anda tidak bisa distarter maka coba cek busi yabg ada di dalam mesin, jika kotor maka segera bersihkan dengan cara digosok menggunakan pembersih khusus.

Penyebab selanjutnya adalah karena busi anda sudah usang sehingga kinerjanya juga sudah berkurang.

Kondisi busi yang sudah lama maka akan menyebabkan mobil susah untuk distarter ketika masih dalam keadaan panas. Saat mesin sudah dingin barulah starter bisa dilakukan.

2. Dinamo Ampere Rusak

Alternator atau dinamo merupakan komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Bila bagian ini rusak, maka mobil pun pasti tak akan bisa menyala walaupun aki dalam kondisi baik. Alternator biasanya akan rusak jika usia mobil anda leboh dari 8 tahun.

3. Aliran Bahan Bakar Tidak Lancar

Penyebab selanjutnya adalah karena aliran bahan bakar mobil tidak lancar sehingga bahan bakar dari tangki ke mesin tidak terdistribusi dengan sempurna.

Selain itu, tak bercampurnya bahan bakar dengan udara juga bisa jadi penyebab lain mobil tak bisa distarter dalam kondisi ini.

4. WTS Bermasalah

WTS (water temperature sensor) atau sensor suhu juga berpotensi membuat mobil susah distarter. Jika terjadi masalah pada WTS maka injeksi akan terganggu dan menyebabkan mobil susah untuk dihidupkan.

5. Koil Terlalu Panas

Koil berfungsi untuk menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki (bisa mencapai ribuan volt)..

Setelah itu, maka arus listrik dapat mengalir ke busi sehingga memantik pijaran bunga api. Jadi jika anda mengalami mobil susah Distarter maka pengecekan pada koil harus anda lakukan.