Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Agya atau Suzuki Ignis? Yuk bandingkan

Suzuki beberapa waktu lalu telah mengumumkan produk terbarunya yakni Suzuki Ignis, Ignis merupakan percampuran antara city car dan ada sedikit sentuhan crossover.

Keluaran terbaru yang membawa unsur retro dari Suzuki Cervo keluaran tahun 70-an ini dilengkapi dengan empat mesin silinder dengan bahan bakar bensin berkapasitas 1.200 cc dengan kode K12C.

Tak hanya Suzuki, Toyota pun mulai merencanakan peluncuran prodak baru nya yakni Toyota Agya dengan mesin berkapasitas 1.200 cc. baik Suzuki ignis maupun Toyota Agya tentunya berada dikelas yang sama.

Toyota Agya 1.200 cc ini memiliki tipe mesin NR yang sama dengan Calya dan Sigra. Agya dengan spek 1.200 cc ini telah di rilis, namun karena bermesin tipe NR, jadikita bisa menilai performa Toyota Agya ini yang tentunya akan banyak kesamaan dengan Calya dan Sigra.
Pilih agya atau ignis (foto oto.com

Secara performa mesin darikedua produk tersebut, jika dilihat dari segi torsi Suzuki Ignis lebih unggul dengan 113 Nm/4.000 rpm dibandingan dengan Toyota Agya dengan torsi 108 Nm/4.200 rpm.

Selain performa mesin, dari segi tenaga Toyota Agya lebih di depan yakni di angka 88 dk/6.200 rpm. Sedangkan Suzuki Ignis berada di 81.8 dk/6.000 rpm.

Performa yang dihasilkan Suzuki Ignis diperuntukan untuk menggotong berat kosong (curb weight) pada 825 sampai 860 kg tergantung pada jenis transmisi mobil.

Pada Toyota Agya secara detail belum diketahui berat kosong nya. Tapi di taksir beratnya kan lebih dari 746 kg pada tipe Toyota Agya 1.000 cc matik.

Jika di tinjau dari segi dimensi ukuran Suzuki Ignis memiliki panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.595 mm dengan wheelbase 2.435 mm. sedangkan pada Toyota Agya memiliki dimensi ukuran panjang 3.600mm, lebar1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm. jika dibanding kan dimensi ukuran Suzuki Ignis memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding kan dengan Toyota Agya. Namun Toyota Agya memiliki keunikan sendiri yakni dalam hal wheelbase.

Hal yang menjadi kejutan adalah ground clearance nya pada Suzuki Ignis yang memiliki DNA SUV Crossover memiliki tinggi hingga 180 mm. hal ini sama dengan yang dimiliki Toyota Agya yang di gadang sebagai tipe city car.

Setelah dibandingkan dua mobil tersebut memiliki kesamaan dalam segi performa mesin, tapi Suzuki Ignis merupakan inovasi yang sangat baru. Sedangkan Toyota Agya merupakan prodak pembaruan dari mobil yang sebelumnya sudah ada, hanya dibekali dengan performa mesin yang lebih besar.

Jadi, untuk yang masih bingung pilih Suzuki Ignis / Toyota Agya sekarang sudah tau kan pilihan mu jatuh pada siapa …hehe

Semoga bermanfaat …