Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Mobil matic atau Manual untuk Pemula?

Pilih mobil matic atau manual untuk pemula? Informasi ini penting karena bagi pemula setidaknya harus faham perbedaan dan kenyamanan antara mobil matic dan manual.

Perkembangan teknologi otomotif yang semakin pesat, maka banyak temuan ataupun fitur canggih pada mobil.

Jika dahulu, mobil hanya berjenis manual, tapi sekarang banyak mobil transmisi matic atau otomatis. Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara matic dan manual yaitu:

Cara Pengoprasian
Foto liputan6.com
Hal ini menjadi perbedaan yang paling mencolok dan utama antara mobil matic dan manual. Dimana untuk mobil manual memiliki 3 pedal yaitu ada kopling, rem, dan gas.

Saat mengendarai mobil ini, perpindahan gigi itu dilakukan dengan menggunakan tuas kopling. Sementara, mobil matic yang hanya memiliki 2 pedal yaitu rem dan gas dalam pengoprasian nya.

Untuk melakukan perpindahan gigi menggunakan satu alat yang dinamakan Gearbox sehingga tidak perlu lagi menggunakan tuas seperti mobil manual. Dengan demikian, tentu kinerja tangan lebih aktif ketika menggunakan mobil manual daripada matic.

Pemakaian Bahan Bakar

Jumlah konsumsi dari mobil matic lebih besar daripada mobil manual. Apalagi kalau track jalanan yang dilalui itu ekstrim atau misal ke daerah pegunungan maka konsumsi bahan bakar mobil matic akan sangat besar.

Tentu ini menguntungkan bagi mobil manual karena ia akan lebih sedikit dalam konsumsi bahan bakar. Hal tersebut terjadi karena mesin mobil matic akan bekerja berat dan ekstra daripada mobil manual.

Jadi dari beberapa pertimbangan dapat disimpulkan bahwa penggunaan mobil matic atau manual itu hampir sama. Namun, mobil matic cenderung sangat cocok untuk digunakan di jalanan ibu kota yang padat dan sering terjadi macet.

Karena bagi pemula khusus nya, dengan mobil matic maka berkendara akan lebih terasa simpel dan tidak terlalu menguras tenaga dalam proses perpindahan gigi.

Tapi, kalau track atau jalanan yang dilalui oleh mobil berupa jalanan ekstrim atau pegunungan maka jelaslah mobil manual yang lebih efisien untuk digunakan.

Harga

Berbicara soal harga tentu ini menjadi masalah utama dalam pemilihan mobil. Harga mobil otomatis lebih mahal daripada harga mobil yang manual. Selain itu, biaya perawatan mobil matic cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual.

Oleh sebab itu, penggunaan mobil matic maupun manual bisa disesuaikan dengan melihat beberapa perbedaan yang tadi disebutkan. Bagaimana? Sudah menentukan pilihan matic atau manual?