Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengelola Usaha Cuci Motor supaya Berhasil

Usaha Cuci motor semakin hari semakin banyak, dan yang sering kita lihat adalah usaha Kecil-kecilan yang Ada di pinggir jalan namun ternyata memiliki banyak pelanggan.

Faktor maraknya pelaku usaha Cuci motor ini karena modalnya bisa di bawah 5 juta, memiliki pangsa pasar yang luas dan tentunya tidak membutuhkan promosi yang ekstra karena banyak kendaraan yang lalu lalang sehingga dapat dengan mudah me lihat usaha cuci motor anda.
Foto gridoto.com
Karena sudah banyak pelaku usaha cuci motor, maka persaingan yang ketat tidak dapat dihindarkan, namun untuk mensiasati agar usaha anda di cari konsumen maka anda harus menerapkan pengelolaan usaha yang baik.

Berikut adalah Cara Mengelola usaha cuci motor agar mendatangkan banyak pelanggan.

1. Jangan Bersaing Harga

Karena sudah banyak saingan usaha cuci motor, maka anda tidak boleh melalukan persaingan harga. Untuk menetapkan harga jasa cuci motor maka anda harus mengetahui pasaran. Artinya tidak boleh lebih mahal atau terlalu murah.

Hal lain yang perlu anda pertimbangkan ketika akan menentukan harga adalah biaya listrik, gaji Karyawan, biaya air dan sabun atau shampo dari motor itu sendiri. 

2. Berikan Servis Maksimal

Untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, maka anda harus memberikan pelayanan yang prima. Karena jika pelayanan anda biasa-biasa saja maka anda akan kalah bersaing dengan usaha cuci motor lainnya.

Pelayanan yang akan memberikan kepuasan kepada pelanggan misalnya ramah, cucian cepat dan bersih, fan fasilitas yang lebih lengkap

3. Lokasi Yang Strategis

Lokasi ini sangat penting untuk semua jenis usaha, termasuk usaha cuci motor. Anda harus mencari lokasi yabg strategis atau tempat yang padat penduduk yang sudah pasti juga banyak pengguna kendaraan bermotor.

Semakin strategis lokasi usaha cuci motor anda, maka akan semakin banyak konsumen yang akan datang.

4. Berikan Bonus

Anda harus memberikan penghargaan kepada pelanggan setia anda dengan memberikan voucher seperti potongan harga atau gratis sekali cuci dengan syarat memenuhi minimal cucian.

Trik pemasaran seperti ini akan memberikan peluang lebih banyak pelanggan tetap untuk jangka panjang.

5.Karyawan Yang Bertanggungjawab

Suksesnya suatu usaha dapat ditentukan oleh karyawannya. Anda harus memilih karyawan yang memiliki tanggungjawab. Misalnya disiplin dan jujur.