Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Rem Mobil Matic yang Baik

Masyarakat saat ini lebih suka hal-hal yang cepat dan simpel, tak terkecuali dengan kendaraan yang mereka gunakan. Perkembangan transmisi cepat pada kendaran roda empat ataupun roda dua sangatlah pesat.

Sebut saja, perkembangan pada mobil matic. Pengemudi tidak perlu sibuk untuk mengoper gigi saat berkendara di jalanan yang padat merayap. Mereka hanya perlu menginjak rem dan mengatur besarnya gas yang mereka injak.

Namun, ada satu hal yang amat krusial yang harus Anda pantau setiap saat, yaitu rem. Salah satu skenario terburuknya apabila Anda mengabaikan kesehatan rem pada mobil matic Anda adalah potensi mobil mengalami vapor lock karena terlalu sering menggunakan rem, terutama di jalanan menurun atau perbukitan.
Kondisi tersebut dapat menyebabkan rem gagal fungsi dan bisa berakibat fatal seperti terjadinya kecelakaan. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa cara merawat rem mobil matic Anda agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan diri Anda juga orang lain.

1. Lakukan pengecekan kondisi kampas rem

Lakukan pengecekan kondisi kampas rem secara rutin setiap 20.000 km, setiap 20.000 km minyak rem lama harus dikuras dan diganti dengan yang baru.

2. Bersihkan kotoran di kapiler atau kampas.

Setelah pengecekan rem kemudian bersihkan kotoran atau residu pengerem di kaliper atau kampas. Minyak rem yang sudah rusak bisa menyebabkan penyumbatan sistem hidraulis rem.

3. Aktifkan rem tangan saat mobil berhenti

Kebiasaan dari pemilik mobil yang bisa membuat kampas rem cepat habis adalah lebih suka menahan pedal rem dengan kaki dibandingkan mengaktifkan rem tangan saat berhenti. Kebiasaan ini pasti akan menyebabkan kampas rem cepat habis.

4. Gunakan Engine Brake saat mengerem di turunan

Jika Anda memaksakan mengerem mobil matic saat di turunan, komponen rem akan panas, dan membuat rem blong. Maka kecelakaan tidak akan bisa dicegah. Ini dikarenakan Anda terlalu keras menginjak pedal rem saat menuruni turunan, sehingga membuat minyak rem mendidih atau dikenal dengan vapor lock.

5. Gunakan kampas rem yang sesuai

Saat mengganti kampas rem, pastikan pilih kampas rem dengan spesifikasi jalan raya dengan kemampuan gigit moderat atau sedang.

6. Pilih bengkel terpercaya

Pemilihan tempat untuk mengganti rem Anda juga sangat penting. Selain harus dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman, hal ini juga untuk menjamin kualitas pengerjaan.

Jika Anda membaca artikel ini, segera lakukan pengecekan terhadap rem mobil Anda, agar perjalanan Anda tidak terganggu dan keselamatan Anda terjaga sampai tempat tujuan. Semoga Artikel ini membantu, ya