Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Penyebab Motor Kurang Bertenaga

Bagi masyarakat Indonesia sepeda motor adalah kendaraan wajib yang harus dimiliki, karena perannya sangat mendukung aktivitas sehari - hari dalam setiap kondisi, karena padatnya lalu lintas yang ada di banyak kota di Indonesia menyebabkan sering kali kegiatan kita tertunda ketika memilih kendaraan besar seperti kendaraan roda empat, maka solusinya adalah dengan memiliki kendaraan sepeda motor.

Namun seiring berjalannya masa pemakaian, maka tak heran jika sering terjadi keluhan ketika sudah lama dipakai, mulai dari keluhan motor kurang bertenaga sampai mogok dijalan.

Sepeda motor dapat diandalkan untuk menyalip kendaraan lain ditengah macetnya kota, maka yang pertama adalah kita membutuhkan sepeda motor yang mempunyai tenaga besar seperti motor gede atau moge.
Tapi tidak semua kalangan mampu membelinya karena biaya beli dan biaya perawatan yang mahal. Namun kebanyakan dari masyarakat mampu membeli sepeda motor jenis matic yang cukup efisien dalam pembelian dan harga, tapi tetap mau motor berjenis apapun harus dapat dirawat dengan baik dan menghindari hal yang tidak diinginkan, maka kenali penyebab motor kurang bertenaga dibawah ini:

Jarang ganti oli

Penyebab motor kurang bertenaga yang pertama adalah jarang ganti oli, hal ini sangat penting karena oli pada sepeda motor umumnya diganti setiap dua bulan sekali.

Menunggu Bahan Bakar Sampai Habis

Penyebab motor kurang bertenaga yang kedua adalah seringnya menunggu bahan bakar sampai menunjukkan garis merah, padahal tidak perlu menunggu sampai garis merah untuk mengisi bahan bakar, hal ini karena tangki pada sepeda motor sekarang memiliki cadangan bahan bakar didalamnya, maka jangan sampai cadangan tersebut sampai ikut –ikutan terkuras.

Filter Udara Kotor

Penyebab motor kurang bertenaga yang ketiga adalah filter udara kotor, filter udara adalah bagian penting karena berperan menyaring udara agar kualitas udara yang bersih dapat masuk kedalam ruang bakar, maka ada baiknya diganti atau dibersihkan.

Tidak Ganti Busi dan Aki

Penyebab motor kurang bertenaga yang keempat adalah tidak ganti busi dan aki, banyak sekali motor modern sekarang yang ketika menghidupkannya membutuhkan starter, namun karena tidak memperhatikan kualitas busi maka pengendara memutuskan untuk memakai kick starter padahal ini masalah sepele hanya mengganti part busi dan aki untuk menormalkan nya kembali.

Demikian ulasan mengenai penyebab motor kurang bertenaga yang berhasil kami rangkum, semoga bermanfaat.