Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Mobil Kurang Bertenaga

Kendaraan yang selama ini menjadi moda transportasi kita kemana - mana akan aada saatnya terjadi masalah yang kita keluhkan, itu karena kendaraan memiliki masa pakainya sendiri atau bisa disebut juga aus pada komponen yang paling vital seperti pada mesin yang menjadi faktor utama dalam menghasilkan tenaga pada kendaraan. Terkadang tanpa kita sadari ada saja hal yang luput dari perhatian.

Penyebab mobil kurang bertenaga ada banyak berbagai faktornya mulai dari masalah pada bagian mesin, bagian roda, dan bagian bahan bakar.

Selain dari faktor usia kendaraan tersebut, penting buat kita memperhatikan perawatan mesin dan di cek secara berkala setiap bulannya. Bagi anda yang mengenal dan paham kendaraan beroda empat ini mungkin tidak menjadi kendala untuk mendeteksi kerusakan.
Namun berbeda ketika orang awam yang tidak paham dengan seluk beluk mesin pada mobil mengalami kendala pada kendaraanya, alhasil menjadi tidak peka dan terkesan cuek ketika ada kendala walau sedikit saja di kendaraan, hal ini menyebabkan makin lamanya part yang diganti melewati batas waktunya.

Sering kali ditemukannya part pada kendaraan yang seharusnya dapat diminimalisir malah mengeluarkan biaya besar dikemudian hari.

Kendala pada Blok Silinder Mobil

Blok silinder mesin mobil ternyata bisa mengalami keausan alhasil menjadi penyebab mobil kurang bertenaga saat digunakan. Karena blok silinder memiliki fungsi untuk menjadi jalur pergerakan ring piston, dan menjadi aus kalau tidak ada pelumasan yang sempurna.

Kendala pada Ring Piston Mobil

Penyebab mobil kurang bertenaga yang kedua adalah kendala pada blok silinder mobil, hal ini terasa ketika mobil di gas namun hilang tenaga itu karena disebabkan ring piston mengalami keausan. Ring piston akan terus bergesekan dengan dinding silinder oleh karena itu dibutuhkan pelumas untuk menjaga agar tidak aus.

Klep Bocor pada Mesin Mobil

Penyebab mobil kurang bertenaga yang ketiga adalah klep bocor pada mesin mobil, klep atau katup berfungsi menjadi pintu masuk material udara dan bensin pada jalur intake. Selain itu menjadi pintu keluar dari gas buang melalui mesin ke knalpot.

Seal Busi Retak pada mobil

Penyebab mobil kurang bertenaga yang keempat adalah seal busi retak pada mobil, seal busi mengalami keretakan kalau salah pada proses pergantian busi.

Gasket kepala Silinder Robek pada mesin

Penyebab mobil kurang bertenaga yang kelima adalah gasket kepala silinder robek pada mesin, gasket berfungsi merapatkan komponen blok silinder dengan head silinder. Akan sangat berpengaruh pada tenaga mobil anda jika sampai gasket kepala silinder menjadi robek.

Itulah beberapa alasan penyebab mobil kurang bertenaga saat digunakan, ada baiknya anda melakukan servis berkala pada mobil anda agar terhindar dari kerusakan, sekian semoga bermanfaat.