Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Aman Cuci Mesin Mobil

Memiliki kendaraan seperti mobil tentunya harus dirawat dengan baik agar awet. Tidak hanya bagian luarnya saja, bagian dalam seperti mesin mobil juga harus dibersihkan atau dicuci.

Padahal seperti yang kita tahu mesin mobil ini tertutup, namun siapa sangka debu halus dapat masuk ke are mesin. Baik itu melalui celah kecil di sela-sela kap mesin, atau bisa juga lewat ruang di bawah mesin yang tidak tertutup.

Hal ini apabila terus dibiarkan maka debu akan menggunung dan dapat menyebabkan mesin mobil menjadi kotor.

Mesin mobil yang kotor juga mempunyai dampak yang besar. Selain tidak enak dipandang mata karena kotor, debu yang memenuhi area mesin bisa membuat kinerja mesin tidak optimal. Kemudian lebih parahnya debu yang masuk dalam mesin ini dan menimbulkan kotor dapat merusak komponen kelistrikan.

Oleh karena itu mesin mobil harus segera dibersihkan, namun perlu diingat bahwa membersihkan mesin mobil tidak boleh dilakukan sembarangan. Kita harus paham jika di area mesin terdapat juga beberapa komponen kelistrikan yang rentan korsleting.

Komponen itu adalah sekring, pin sambungan kabel, ECU dan area kelistrikan lainnya. Jangan asal dalam mencuci mobil dan berikut ini adalah cara aman cuci mesin mobil:

1. Pastikan kita mengenali mana area kelistrikan dalam mobil yang rentan menyebabkan korsleting apabila terkena air dan area ini harus diamankan lebih dulu dengan cara dibungkus menggunakan plastik.

2. Cara membungkusnya pun harus rapi agar air tidak masuk melewati celah misalnya dengan merekatkannya menggunakan lakban atau isolasi, termasuk membungkus kembali kabel yang terkelupas dengan isolasi berkualitas baik.

3. Langkah selanjutnya barulah kita bisa mengguyur mesin dengan menggunakan air keran bertekanan rendah. Ini dilakukan untuk menghilangkan debu yang menempel di bagian mesin, dan sela-sela yang sulit dijangkau.

4. Kemudian semprotkan cairan engine degreaser untuk merontokkan kotoran membandel dan sambil disikat secara perlahan pada permukaan mesin.

5. Cara aman cuci mesin mobil untuk bagian celah kecil, bisa dengan menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai.

6. Langkah selanjutnya adalah membilas
area mesin dengan cara menyemprot kembali menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kotorannya, sekaligus membilas bekas sabun yang masih menempel di sekitar mesin.

7. Selain itu kita juga bisa menggunakan
kompresor angin untuk membersihkan sisa-sisa air yang terjebak di celah-celah sempit mesin.

8. Untuk menghindari timbulnya kerak alias watersport, diamkan mobil selama 2-3 jam (dalam posisi kap mesin terbuka) untuk memastikan bagian mesin kering sempurna.

9. Langkah berikutnya cara aman cuci mesin mobil adalah membuka kembali
pembungkus kabel (plastik) yang telah digunakan untuk menutup komponen kelistrikan mesin.

10. Sebaiknya proses pencucian mesin mobil ini dilakukan di ruang terbuka, namun tidak terpapar sinar matahari secara langsung agar tidak merusak cat mobil.

11. Langkah terakhir apabila mesin telah kering sempurna adalah menyalakan mesin mobil itu sambil mengecek semua komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan,  mulai dari headlamp, lampu sein, lampu hazard, lampu rem, klakson, dan bagian lainnya.