Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Hitungan Biaya Kredit Mobil di Bank Konvensional

Ingin mendapatkan mobil impian dengan cara kredit? Sekarang ini kita bisa melakukannya dengan mudah di beberapa lembaga seperti multifinance ataupun perbankan. Tinggal mengajukan persyaratan secara lengkap dan sesuai maka kita bisa mendapatkan mobil impian tersebut. Memang tidak dapat dipungkiri mobil seolah menjadi kebutuhan alat transportasi yang sangat penting. Sehingga banyak orang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan mobil impiannya termasuk dengan cara kredit.


Banyak orang tahu dunia perbankan sendiri sudah semakin pesat dan jangkauannya luas hingga ke pelosok daerah. Maka tak heran apabila banyak orang yang antusias untuk melakukan transaksi dengan menggunakan pelayanan dari pihak perbankan. Salah satu produk layanan perbankan yang dapat diakses terutama oleh para nasabah yakni kendaraan mobil. Hal inilah yang menjadi bukti bahwa kendaraan baik roda dua apalagi roda empat seperti mobil ini menjadi kebutuhan primer masyarkat.

Faktor ini kemudian menjadi peluang yang bagus oleh dunia perbankan dalam mengembangkan bisnis mereka. Memang seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua bank menyediakan produk kredit kendaraan mobil di dalam layanan mereka. Namun bagi yang ingin mengajukan kredit mobil harus diikuti dengan sejumlah persyaratan yang telah diatur oleh pihak perbankan. Seperti di bawah ini adalah contoh biaya pengajuan kredit mobil di bank konvensional (BRI).

Besaran Bunga Kredit Mobil di Bank BRI

Mungkin banyak yang ingin mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan saat pengajuan kredit mobil di bank konvensional seperti bank BRI salah satunya. Termasuk pula dengan berapa lama tenor yang diberikan dan berapa uang muka yang harus dikeluarkan. Kemudian berapa biaya plafon yang diperoleh dan berapa suku bunga yang ditetapkan saat pengajuan kredit mobil baru atau bekas di bank BRI. Ini dia penjelasannya:


1. Untuk pengajuan kredit mobil baru dan bekas di bank BRI tidak ada biaya provisi alias gratis.

2. Jangka waktu pelunasan atau tenor kredit mobil baru maksimal 6 tahun sedangkan jangka waktu pelunasan (tenor) kredit mobil bekas maksimal 4 tahun.

3. Untuk DP atau uang muka yang harus dibayarkan mulai dari 25%.

4. Plafon kredit mobil bekas atau baru mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 5 Milyar.

5. Suku bunga kredit mobil baru melalui program kredit mobil atau KKB adalah 4,99% - 7% dan sementara itu untuk suku
bunga kredit mobil bekas melalui program KKB adalah 6,55%.

Kesimpulannya:

Kredit mobil ini berlaku untuk semua jenis dan merek mobil. Kemudian, kredit mobil baru atau bekas dapat dilakukan melalui bank konvensional seperti BRI dengan jenis kredit KKB (Kredit Kendaraan Bermotor). Plafon yang diberikan mulai dari Rp 10 Juta hingga Rp 5 Milyar dengan tenor maksimal 6 tahun untuk kredit mobil baru dan 4 tahun untuk kredit mobil bekas. Sementara itu, uang muka atau DP mulai dari 25%.