Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Kredit mobil di Bank atau Multifinance mana yang lebih baik?

Mobil adalah salah satu kendaraan transportasi yang kegunaannya sangat penting untuk sekarang ini. Kendaraan mobil juga menjadi barang yang diimpikan oleh banyak orang. Alasan orang ingin mempunyai mobil adalah lebih praktis dan nyaman untuk menempuh jarak jauh daripada menggunakan kendaraan umum. Kemudian untuk mendapatkan mobil di era sekarang ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara.

Harga mobil yang terlalu mahal ini memungkinkan orang tidak mampu membelinya secara langsung, kecuali memiliki banyak uang. Namun jangan khawatir karena masih ada cara lain untuk mendapatkan mobil tanpa tunai yaitu dengan melakukan kredit mobil atau pembayaran cicilan per bulan. Apalagi banyak program kredit mobil murah dengan DP ringan guna menekan biaya yang dikeluarkan. Hal inilah yang membuat banyak orang akan lebih senang mengajukan kredit daripada secara tunai.

Semakin banyaknya orang yang berminat dalam pembelian mobil ini sehingga banyak bermunculan lembaga pembiayaan kredit. Baik bank ataupun multifinance memang mempunyai konsep yang sama yakni menyediakan dana apabila kita tidak dapat membeli mobil secara kontan. Meskipun mempunyai cara kerja yang sama, ada baiknya kita mencari lembaga yang bisa memberikan suku bunga yang rendah dalam kredit mobil tersebut. Lalu manakah yang lebih baik antara kredit mobil di bank atau di multifinance, berikut penjelasannya.

Melakukan Kredit Mobil Melalui Bank Apabila:

1. Dana terbatas untuk cicilan bulanan

Kita bisa memilih kredit melalui bank saat menginginkan cicilan bulanan yang lebih ringan. Pasalnya bank mempunyai dana yang lebih besar. Ini dapat membuat peminjam lebih rendah karena bank mempunyai dana yang lebih besar. Sehingga kita bisa menikmati suku bunga yang lebih murah daripada melakukan kredit di leasing.


2. Memenuhi berbagai persyaratan dan tidak terburu-buru dalam mengambil kredit mobil

Kita dapat melakukan kredit mobil di bank apabila telah memenuhi berbagai persyaratan. Apabila persyaratan telah dilengkapi dan sesuai maka pembiayaan kredit kendaraan mobil kita sudah pasti berhasil. Selain itu, melakukan kredit mobil di bank apabila kita tidak dalam keadaan terburu-buru. Pasalnya pihak bank biasanya membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan verifikasi data peminjam.

Melakukan Kredit Mobil Melalui Multifinance Apabila:


1. Tidak bermasalah dengan suku bunga yang tinggi

Kebanyakan lembaga multifinance atau sejenisnya mematok suku bunga yang tinggi. Jika tidak mempermasalahkan hal ini, maka dapat memanfaatkan kredit mobil melalui lembaga ini. Namun ada hal yang perlu diperhatikan sebelum melalukan kredit mobil di lembaga multifinance ini. Ini adalah biaya tambahan lain yang perlu ditanggung termasuk fidusia, asuransi sampai provisi.

2. Memiliki kredit skor yang kurang bagus

Alasan orang memilih kredit mobil di multifinance biasanya karena mempunyai kredit skor yang kurang bagus. Ini sehingga akan sulit dalam mengajukan kredit mobil yang disetujui oleh pihak bank. Kredit skor buruk ini biasanya disebabkan oleh macetnya pembayaran cicilan dalam pinjaman sebelumnya yang dapat mengurangi nilai kredit skor. Inilah yang menyebabkan seseorang melakukan kredit mobil melalui multifinance sebagai jalan keluarnya.

3. Membutuhkan mobil dalam waktu cepat

Memang tidak dipungkiri pengajuan kredit mobil di multifinance lebih cepat dan mudah. Walaupun salah satu kekurangannya yaitu menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dari bank. Jadi apabila membutuhkan mobil karena alasan yang mendesak misalnya untuk kebutuhan pekerjaan. Mungkin bisa memilih untuk melakukan kredit mobil melalui multifinance ini.