Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

 

Perkembangan jaman yang kian melesat. Mau tidak mau membuat kita harus ikut dalam perkembangan itu, seperti halnya dalam dunia otomotif. Seperti halnya negara Indonesia pada tahun 2019 lalu, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan presiden (perpres) terkait Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik. Hal ini tentunya merupakan kabar yang baik bagi kemajuan industri otomotif kita.

Mungkin di luar sana ada banyak orang yang belum tahu apa itu mobil listrik? Ini adalah kendaraan yang sepenuhnya atau sebagiannya digerakkan oleh motor menggunakan listrik di baterai. Selain itu mobil listrik ini cara kerjanya pun tidak sama alias sesuai dengan jenis mobil listriknya. Jadi, penggunaan prinsip kerja mobil listrik benar-benar harus dipelajari.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Mobil listrik digadang-gadang akan menjadi alat transportasi masa depan. Hal ini membuat hampir semua produsen mobil berlomba-lomba memproduksi kendaraan listrik.

Meskipun menjadi bagian sentral dari dunia otomotif masa depan, mobil listrik tak begitu saja unggul dibanding mobil dengan bahan bakan minyak. Oleh karena itu ketahuilah apa kelebihan dan kekurangan mobil listrik:

Kelebihan Mobil Listrik

Adapun inilah beberapa kelebihan mobil listrik yang perlu kalian ketahui:

1. Ramah lingkungan

Berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak, mobil listrik dari hasil pembakarannya mengeluarkan emisi karbon dioksida. Jadi, ini tentunya lebih ramah lingkungan. Kemudian, mobil listrik juga menghasilkan suara yang lebih halus, senyap, dan tidak bising. Ini berbeda dengan mobil konvensional yang cenderung berisik karena memakai mesin diesel.

2. Lebih Cerdas dan Canggih

Hanya kendaraan listrik yang memiliki sistem Intelligent Transport System (ITS). Sistem ini pada kendaraan mobil listrik bisa melakukan pengereman sendiri jika terjadi tabrakan atau mungkin menabrak sesuatu.

Dalam hal kecepatan, manuver dengan kendaraan listrik lebih bertenaga. Di mobil ini, kecepatan berkendara bakal dirasa lebih cepat berkat kerja torsi dalam waktu singkat menuju roda mobil.

3. Perawatan Lebih Mudah

Kelebihan mobil listrik lainnya adalah perawatan yang tergolong mudah. Ini karena tidak memerlukan pergantian oli atau lainnya. Mobil atau kendaraan listrik hanya perlu perawatan baterai.

Selain itu, mesin listrik yang digunakan dalam mobil listrik lebih mudah dirawat.

Kekurangan Mobil Listrik

Adapun inilah beberapa kekurangan mobil listrik yang perlu kalian ketahui:

1. Jarak dan Waktu Isi Ulang

Saat ini, kapasitas daya baterai dan waktu pengisian menjadi kelemahan. Pasalnya mobil listrik memerlukan pengisian kembali setelah menempuh jarak beberapa kilometer. Untuk menempuh jarak hingga 120 kilometer, mobil listrik memerlukan pengisian listrik selama 6 jam penuh. Padahal penggunaan baterai merupakan sumber penggerak mesin mobil listrik ini.

2. Keterbatasan Kecepatan

Meski memliki torsi yang melimpah karena penyaluran tenaganya langsung, namun kecepatan mobil listrik ini masih terbatas. Hal ini terjadi karena mesin pada mobil listrik tidak bisa dioprek, jika salah

bisa menyebabkan korsleting bahkan kebakaran. Mungkin bagi pecinta kecepatan maka mobil listrik kurang tepat untuk dipilih.

3. Mahal

Kekurangan mobil listrik yang lain adalah harga baterainya yang mahal. Bisa kita bayangkan baterai mobil listrik ternyata harus rutin dilakukan penggantian setiap 3-10 tahun sekali. Tidak hanya baterai, walau banyak yang minat terhadap mobil listrik ini, tapi sayangnya masih sangat sulit untuk mendapatkan mobil ini.

Di Indonesia sendiri, produksi mobil listrik masih sangat sedikit dan tentu harganya pun mahal dibanding mobil konvensional.