Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

88 Daftar PO Bus Tertua Legend di Indonesia

Tahukah kamu bahwa angkutan umum seperti Bus memiliki sejarah panjang di negara kita, Indonesia sendiri memiliki banyak perusahaan otobus (PO). Bahkan beberapa di antaranya sudah berumur puluhan tahun.

Tetapi tidak semua PO Bus beroperasi sampai sekarang, beberapa PO bus tua tersebut ada yang tidak lagi beroperasi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan PO bus tertua / PO Bus legend di Indonesia yang tetap bertahan dan masih beroperasi sampai sekarang.

1. PO NPM (Naikilah Perusahaan Minang) - (1937) 
PO Bus NPM tertua di Indonesia
Naikilah Perusahaan Minang (NPM) merupakan PO bus tertua di Indonesia. Po Bus Legend ini Didirikan di Padangpanjang, Minangkabau, Sumatra Barat,

PO Bus ini telah beroperasi sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, yakni tahun 1937. PO Bus NPM legend ini masih eksis mengaspal dan tetap populer sampai sekarang.

2. Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) - (1957)
PO Bus PMTOH salah satu PO Bus Tertua di Indonesia
Di urutan kedua PO Bus Legend tertua di Indonesia yaitu Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) yang merupakan perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat berasal dari Aceh. PMTOH adalah salah satu PO Bus legend tertua di Indonesia.

PMTOH telah berdiri sejak 1957 dan melayani berbagai rute dari Banda Aceh menuju medan dan beberapa kota di Pulau Jawa. Untuk armada yang diandalkan PMTOH ini adalah bus yang menggunakan sasis Mercedes-Benz.

3. PO Antar Lintas Sumatera (ALS) - (1966)
PO Bus ALS merupakan salah satu PO Tertua di Indonesia
Untuk yang sering berpergian dari Sumatera menuju Jawa ataupun sebaliknya pasti tidak asing lagi dengan perusahaan otobus legend tertua satu ini, yakni PO Bus Antar Lintas Sumatera (ALS). 

PO Bus ALS Didirikan di Mandailing Natal, Sumatera Utara pada 29 September 1966, ALS menjadi salah atu PO bus tertua di Indonesia. Tidak hanya itu, ALS juga dinobatkan sebagai bus yang memiliki trayek terjauh di Indonesia.

4. PO Safari Dharma Raya atau OBL (1969) 
Safari Dharma Raya Salah satu PO Bus Tertua di Indonesia

Pasca berdirinya 3 PO Bus dari Sumatra di atas, Barulah PO OBL di Temanggung ini berdiri. yang berdiri pada tahun 1969 silam.

Dikenal dengan OBL yang merupakan singkatan nama dari pendirinya yaitu Oei Bie Lay atau Darmoyono.

PO bus yang berkantor pusat di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini memiliki rute Magelang menuju Ngadirejo, Jakarta-Yogyakarta. OBL telah membuktikan manajemennya yang sangat bagus, terbukti OBL masih eksis hingga saat ini. 

5. PO Pahala Kencana (1976) 
Pahala Kencana salah satu PO Bus tertua di Indonesia

Tepat 7 tahun setelah berdirinya PO Bus OBL di Temanggung, Tepat pada tahun 1976 PO Bus Pahala Kencana berdiri. PO Bus Pahala Kencana Didirikan di Kudus, Jawa Tengah dan bisa dibilang masih populer sampai sekarang.

Pahala Kencana merupakan perusahaan otobus yang melayani perjalanan antarkota antarprovinsi. Selain itu, Pahala Kencana juga melayani jasa bus pariwisata dan ekspedisi barang paket dengan armada mulai dari Mercedes-Benz hingga Vino.

6. PO Lorena - Karina (1978) 
Lorena adalah Salah satu PO Bus tertua di Indonesia

Selang 2 Tahun setelah berdirinya PO Pahala Kencana, PO Lorena pun berdiri tepat tahun 1978. Trayek awal Lorena - Karina melayani rute Bogor menuju Jakarta pada 1984. Seiring dengan perkembangan usaha Lorena - Karina terus melebarkan sayap dengan membuka trayek lebih jauh (AKAP) Jakarta, Sumatra hingga Bali

7. PO Rosalia Indah (1983)
Rosalia Indah adalah salah satu PO Bus tertua di Indonesia

Masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa tidak asing dengan Rosalia Indah. Rosalia Indah merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi darat dengan armada bus yang berkantor pusat di Palur, Jawa Tengah. 

Rosalia Indah didirikan pasangan suami-istri Yustinus Suroso dengan Yustina Rahayu Suroso tepatnya pada 1983. Semula Rosalia Indah hanya memiliki satu armada bus Isuzu dengan trayek Yogyakarta - Solo - Surabaya - Malang. 

8. PO DAMRI (1943)

Satu lagi PO bus tertua di Indonesia. Kali ini perusahaan jawatan milik negara. Cikal bakal DAMRI berdiri pada 1943, pada zaman pendudukan Jepang yaitu Jawa Unyu Zigyosha yang mengkhususkan diri pada angkutan barang dengan truk, gerobak atau cikar, dan juga terdapat Zidosha Sokyoku yang melayani angkutan penumpang dengan kendaraan bermotor atau bus.

Pada 1945, setelah Indonesia merdeka, di bawah pengelolaan Departemen Perhubungan, Jawa Unyu Zigyosha berubah nama menjadi Djawatan Pengangkoetan untuk angkutan barang dan Zidosha Sokyoku beralih menjadi Djawatan Angkutan Darat untuk angkutan penumpang.

Pada 25 November 1946, kedua jawatan itu digabungkan berdasarkan Maklumat Menteri Perhubungan No.01/DAM/46 sehingga dibentuklah “Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia” disingkat DAMRI, dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lain. Damri sampai saat ini masih melayani angkutam penumpang jarak dekat (dalam kota) dan menengah.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 8 PO Bus Tertua di Indonesia Bertahan hingga Sekarang, Ada yang Beroperasi sejak Zaman Penjajahan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/8-po-bus-tertua-di-indonesia-bertahan-hingga-sekarang-ada-yang-beroperasi-sejak-zaman-penjajahan/2.